Diet Sukses, Pria Ini Turun 7 Kg Dengan Beras Merah


Loading...
Marilangsingalami.com - Satu lagi kisah diet sukses dengan nasi merah. Beras merah merupakan salah satu menu diet yang cukup populer sebagai asupan yang sehat saat menjalankan program menurunkan berat badan. nasi merah adalah salah satu contoh menu karbohidrat yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Asupan ini disebut-sebut membuat kenyang bertahan cukup lama.

Diet Sukses, Pria Ini Turun 7 Kg Dengan Beras Merah
Hal ini pula yang berhasil dibuktikan oleh Brasto Galih Nugroho (31) yang berhasil diet dengan beras merah. Dimana pria ini mengganti menu nasi putihnya dengan nasi merah, berat badan Brasto yang semula 83 kg turun menjadi 76 kg dalam waktu dua bulan. Seperti dilansir dari detikhealth (1/7/2017) berikut ini kisahnya :

Saat berniat menurunkan berat badan, hal yang pertama saya perhatikan adalah pola makan. Saya mencoba untuk mengurangi asupan kalori berlebih, terutama dari nasi putih. Setiap pagi, saya mengonsumsi bubur ayam dan menghindari asupan bersantan.

Untuk makan siang, saya biasanya mengonsumsi nasi merah atau kadang nasi putih, dengan sayur dan lauk menu ikan. Sesekali saya tetap makan daging lain selain ikan. Malam harinya, saya makan nasi merah dengan porsi lebih sedikit, tetap dengan sayur dan ikan.

Tak lupa setiap kali makan, saya selalu melengkapinya dengan menu buah-buahan. Buah saya pilih untuk menggantikan menu camilan berkalori tinggi. Selain menerapkan pola makan ini, saya juga olahraga. Hampir setiap hari saya joging di treadmill selama 30 menit.

Salah satu tips penting dari saya: kuatkan niat dan mental saat ingin mengurangi berat badan. Siap mental terutama saat ada komentar negatif dari orang-orang ketika kita bilang sedang berdiet. Biasanya banyak yang berkomentar 'mengapa harus diet' dan justru memandang diet itu tidak sehat atau sesekali makan banyak tidak apa-apa. Dijawab saja dengan sopan dan ramah serta tetap diet meski banyak makanan menggoda. (Baca juga : Kurangi Asupan Gula, Wanita Ini Turunkan Bobot 12 Kg)

Manfaat Beras Merah Untuk Diet Sehat dan Alami

Seperti yang sudah diketahui masyarakat pada umumnya, beras merah dan beras putih sebenarnya sama saja. Dan jika dilihat secara sekilas, letak perbedaannya hanya terletak dari warnanya saja. Beras putih berwarna putih, dan beras merah berwarna sedikit gelap kecoklatan
Perbedaan lain juga bisa Anda temukan saat Anda pergi ke pasar untuk membeli salah satu atau kedua jenis beras tersebut. Beras merah harganya relatif leih tinggi karena beras merah adalah jenis beras yang berasal dari padi yang cukup jarang dibudidayakan. Lalu bagaimana mengenai manfaat beras merah untuk diet dan untuk kesehatan? Apakah lebih baik dari beras putih? (Baca juga : Nasi Putih Bikin Gemuk !! Ini Penjelasan Ilmiahnya)

Jika dibilang lebih baik atau tidak dari beras putih, beras merah memang memiliki beberapa keunggulan dari beras putih. Akan tetapi cara memasak beras merah untuk diet cukup lama, belum lagi teksturnya yang juga lebih keras dibandingkan dengan beras putih. Rasanya yang kurang enak inilah yang membuat orang ragu untuk mengonsumsi beras merah. 

Padahal manfaat beras merah untuk diet dan kesehatan lebih banyak dibandingkan dengan beras putih. Beras merah mengandung zat yang disebut dengan antosianin. Zat tersebutlah yang terdapat pada lapisan berwarna merah pada beras merah. Antosianin tersebut memiliki banyak manfaat juga untuk kesehatan tubuh manusia, mulai dari sebagai antioksidan, antikanker, antiglisemik dan juga antihipertensi. Selain itu kalori beras merah juga rendah sehingga aman dikonsumsi.

Jika dianalisa, biji padi terdiri dari tiga bagian, yaitu bagian sekam atau bagian luarnya, kemudian selanjutnya adalah kulit ari, dan yang terakhir biji beras. Proses tradisional yang digunakan untuk memproses beras dengan ditumbuk tidak akan merusak terlalu banyak kandungan gizi pentig yang ada dalam beras merah. Kandungan penting tersebut tersebut diantaranya adalah serat, vitamin, mineral, minyak esensial, vitamin B, vitamin A, fosfor, selenium, magnesium, mangandan kalium. Sedangkan jika beras diproses dengan cara modern, lapisan yang mengandung gizi tinggi tersebut justru akan rusak. So, ternyata memilih beras merah agar manfaat beras merah untuk diet bisa maksimal harus diperhatikan.

Diet Sukses, Pria Ini Turun 7 Kg Dengan Beras Merah

Beras Merah untuk Diet Sehat dan Alami

Ada beberapa alasan mengapa orang yang sedang menjalankan program diet disarankan agar mengonsumsi beras merah meskipun rasanya yang kurang begitu enak yakni :

Bisa Membuat Rasa Kenyang Lebih Lama

Nah, dibandingkan dengan karbohidrat yang terkandung dalam beras putih. Saat Anda melakukan diet dan ingin diet Anda lebih berhasil dengan cara yang alami, Anda disarankan agar mengonsumsi beras merah yang mengandung karbohidrat kompleks yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Apakah karbohidrat kompleks hanya ada pada beras merah? Tidak, Anda juga bisa menemukan kandungan karbohidrat kompleks pada gandum dan juga oatmeal. So, cobalah manfaat beras merah untuk diet dan beberapa jenis makanan yang juga mengandung karbohidrat kompleks.

Baik untuk Pencernaan

Saat Anda melakukan program diet, mungkin Anda bingung mengenai makanan apa yang harus Anda konsumsi karena biasanya ada pantangan-pantangan untuk tidak boleh mengonsumsi makanan tertentu. Nah, beras merah ini selain baik bagi Anda yang sedang melakukan program diet, beras merah juga memiliki kandungan serat yang 6 kali lipat lebih banyak dibandingkan beras putih. Lalu apa manfaat serat bagi kesehatan terutama bagi Anda yang sedang berdiet? Diantaranya untuk melancarkan pencernaan, mengurangi risiko kanker, mengendalikan gula darah, mengurangi risiko wasir, dan bisa juga mencegah timbunan kolesterol jahat.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain manfaat beras merah untuk diet, ternyata beras merah juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Nah, saat kekebalan tubuh kita membaik, tentu kualitas program diet yang sedang Anda lakukan pun akan maksimal hasilnya. Beras merah yang mengandung banyak gizi seperti zat besi, mangan dan juga zinc akan membantu proses pembentukan sel darah merah. Oleh karena itu Anda akan terhindar dari risiko anemia. Sedangkan kandungan zinc yang ada pada beras merah akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda selama menjalankan program diet.

Memproduksi sel-sel DNA

Ternyata beras merah juga bisa membantu Anda memproduksi sel-sel DNA. Manfaat beras merah untuk diet ini bisa Anda rasakan jika Anda mengonsumsi beras merah secara rutin. Namun biasanya Anda juga disarankan untuk mendampingi konsumsi beras merah dengan mengonsumsi jenis minuman jus buah.

Nah, itu tadi adalah penjelasan mengenai bagaimana manfaat beras merah bagi kesehatan tubuh dan juga bagi Anda yang sedang melakukan diet. Meskipun pada dasarnya cara memasak beras merah untuk diet cukup sulit karena membutuhkan waktu yang lama, dan belum lagi karena rasa beras merah yang tidak terlalu enak, namun ternyata di balik semua itu beras merah mengandung manfaat atau khasiat bagi kesehatan tubuh. Selain karena kalori beras merah yang rendah, dalam penjelasan tadi beras merah juga mengandung banyak sekali gizi yang bermanfaat untuk kesehatan apalagi beras merah yang diolah atau diproses secara tradisional.

Kesimpulannya adalah, beras merah yang diolah secara tradisional sangat kaya akan manfaat terutama bagi Anda yang sedang melakukan program diet. Beras merah bisa mengurangi risiko terkena kanker, mencegah penyakit jantung, memerangi kolseterol jahat, memberikan efek kenyang yang lebih lama, baik untuk pencernaan, dan juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. 

Beras merah bisa menjadi alternatif makanan pokok selain nasi putih yang disarankan bagi Anda yang sedang berdiet. Apalagi jika beras merah dikombinasikan dengan buah-buahan, sayuran, protein, dan jenis lemak sehat. 

Semoga informasi tentang sukses diet dengan beras merah ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi berharga bagi anda yang sedang mencari atau sedang menjalankan program diet. Sukses untuk diet anda.

Loading...