Hasil Penelitian Ungkap Jika Diet Ini Sehatkan Janin dan Kurangi Risiko Keguguran


Loading...
Marilangsingalami.com- Saat hamil, pola makan menjadi salah satu hal yang sangat penting dan perlu mendapatkan ekstra. Pakar bahkan menyebutkan ada diet tertentu yang bisa membantu menjaga kesehatan perkembangan janin dan mengurangi risiko keguguran.

cara diet sehat untuk ibu hamil

Ya, peneliti dari Oregon State University dalam studinya menyebutkan bahwa dalam pertumbuhan dan perkembangan janin pada dasarnya dibutuhkan asupan vitamin E.

BACA JUGA : Apa Makanan Diet Terbaik Setelah Melahirkan

Sebab, vitamin E disebut-sebut memberikan pengaruh vital bagi proses perkembangan dan pertumbuhan embrio. Kekurangan asupan vitamin E pun sering dikaitkan dengan beberapa masalah kehamilan, yang berujung pada keguguran.

Selain itu, para ibu hamil juga membutuhkan cukup asupan asam lemak omega-3. Komponen ini juga dibutuhkan janin untuk proses perkembangan fisik dan neurologis, terutama otak.

Oleh sebab itu, mencukupi kebutuhan dua nutrisi ini saat hamil pun diyakini dapat membantu perkembangan janin dan menurunkan risiko keguguran. Demikian disebutkan dalam jurnal Free Radical Biology and Medicine dan dikutip dari Daily Mail.

"Vitamin E memiliki banyak peran biologis, salah satunya adalah untuk sebagai antioksidan. Saat embrio berkembang, vitamin E berperan besar dalam melindungi lemak esensial seperti DHA. Kerusakan DHA seperti diketahui berefek pada hal-hal lain dan bisa berujung pada keguguran," tutur penulis studi ini, Prof Maret Traber.

BACA JUGA : Video latihan mengecilkan perut buncit setelah melahirkan

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin E, Prof Traber pun menganjurkan para ibu hamil untuk mengonsumsi asupan seperti ubi jalar, alpukat dan biji bunga matahari. Jika perlu, ibu hamil juga bisa diberikan suplemen vitamin untuk memenuhi kebutuhannya. (detik.com)

Loading...