Terbukti ! Begini Trik Baru Masak Nasi Biar Tubuh Gak Gendut. Mau Coba ?


Loading...
Marilangsingalami.com - Tiap bangsa punya kebiasaan makan yang unik dan berbeda-beda. Di Indonesia, rasanya belum makan kalau gak makan nasi. Meski sudah habis mie sepiring, kalau belum makan nasi, masih belum komplit.

Trik Baru Masak Nasi Biar Tubuh Gak Gendut

Meski jadi makanan wajib bagi bangsa Indonesia, nyatanya sekarang banyak orang yang tak lagi mengkonsumsi nasi putih untuk asupan gizi sehari-hari. Banyak orang yang beralih mengkonsumsi nasi merah atau gandum sebagai pengganti nasi putih. Apalagi bagi mereka yang menjalani diet, baik untuk melangsingkan tubuh ataupun mengurangi kadar gula dalam darah.

Sebenarnya berapa banyak kalori yang terkandung dalam nasi putih?

Nasi putih cenderung dihindari mereka yang mengidap diabetes dan kelebihan berat badan karena kadar patinya yang tinggi. Kandungan karbohidratnya sebesar 45 gram per cangkirnya. Kalori yang terkandung dalam secangkir beras putih adalah 206 kalori.

Nah, kalori dari karbohidrat inilah yang akan diolah tubuh menjadi energi. Jika berlebih maka akan disimpan tubuh menjadi gula. Sudah tahu dong, kalau para penderita diabetes dan yang diet menurunkan berat badan, harus menghindari segala sesuatu yang berhubungan dengan gula?

Baca juga : Makanan untuk diet pengganti nasi putih yang baik

Kira-kira kalori dalam nasi putih bisa dikurangi gak ya?

Trik Baru Masak Nasi Biar Tubuh Gak Gendut

Nah, buat kamu yang gak bisa hidup kalau gak makan nasi putih, ada kabar gembira nih dari para peneliti. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Pushparajah Thavarajah, membuahkan hasil yang menggembirakan bahwa ternyata nasi putih dapat direbus dengan teknik khusus untuk mengurangi jumlah pati tidak sehat yang terkandung di dalamnya.

Di dalam nasi putih adalah dua jenis pati yang terkandung di dalamnya, yaitu yang mudah dicerna dan yang tidak. Tubuh kita tidak memiliki enzim yang dibutuhkan untuk mencerna jenis yang kedua.

Itu artinya, tubuh tidak dapat memecah pati tersebut dan tidak bisa mengubahnya menjadi gula yang diserap ke dalam aliran tubuh. Jadi, jika kita bisa menemukan cara untuk memasak nasi yang mengandung pati tak dapat dicerna itu, kita bisa menghindari kelebihan olahan gula dalam tubuh.

Baca juga : 4 Makanan Sehat Ini Jadi Trend Untuk Diet

Seperti yang sudah disebutkan di atas, untuk memasak nasi yang rendah kalori ini, kita butuh sejenis lemak untuk menciptakan pati yang tak dapat dicerna. Ternyata lemak tersebut bisa didapatkan dari minyak kelapa murni.

Caranya gampang kok.

Siapkan beras yang akan dimasak di wadahnya, cuci seperti biasa. Tambahkan minyak kelapa murni ke dalam beras, takarannya kira-kira tiga persen dari total berat beras yang akan dimasak. Masak sekitar 40 menit atau sampai nasi benar-benar matang. Setelah matang, masukkan nasi ke dalam lemari es selama 12 jam. Nasi siap dikonsumsi setelahnya.

Berminat mencoba nasi rendah kalori ini?

Nasi putih rendah kalori ini diklaim para ahli 50 persen lebih sehat daripada dimasak dengan cara biasa. Cara ini bisa mengurangi kadar pati yang diubah menjadi gula dalam tubuh hingga 10 kali dan menurunkan kandungan kalorinya.

Mungkin terdengar sedikit ribet dalam mempersiapkannya. Kalau kamu berminat mencoba metode ini, setidaknya kamu harus mempersiapkan nasi di malam sebelumnya agar ketika disimpan 12 jam dalam lemari es keesokan paginya, bisa langsung dikonsumsi untuk sarapan.

Namun, bukan berarti dengan ditemukannya cara ini, kamu boleh kalap makan nasi putih sebanyak-banyaknya lho. Tetap imbangi dengan asupan makanan kaya serat lainnya, seperti buah-buahan, sayuran dan umbi-umbian. Stay healthy! (sumber : food.idntimes.com)

Loading...