Jarang Diketahui, Jantung Pisang Ternyata Bisa Jadi Menu Diet juga Loh


Loading...
Marilangsingalami.com - Orang-orang Indonesia telah punya kebiasaan memproses jantung pisang atau ontong sebagai bahan makanan. Umumnya, jantung pohon di proses lewat cara di rebus lantas digabung dengan bumbu parutan kelapa atau di buat urap.

Jantung Pisang Ternyata Bisa Jadi Menu Diet
Ada pula yang memproses jantung pisang sebagai gulai, pepes jantung pisang, tumis jantung pisang, serta isi lumpia dan bermacam olahan makanan yang lain.

Tetapi tahukah anda bila jantung pisang bukan sekedar lezat tetapi juga mempunyai nutrisi serta gizi komplit. Hasil riset mengatakan, jantung pisang memiliki kandungan faedah vitamin A, vitamin B1, vitamin C, serta mineral utama seperti fosfor, kalsium serta Fe (zat besi).

BACA JUGA : Sajian Resep Diet Kenyang Ala Dewi Hughes

Manfaat Jantung Pisang Untuk Diet

Jantung pisang mengandung flavonoid yang berfungsi antiradikal bebas, antikanker, dan antipenuaan. Selain itu juga mengandung yudium yang bisa mencegah penyakit gondok.

PERNAH mencicipi kelezatan gudeg jantung pisang? Ya, jantung pisang atau bunga pisang memang telah dikenal sebagai bahan makanan yang enak. Biasanya kalau tidak diolah untuk gudeg, sering dimasak oseng-oseng. Namun tahukah Anda, jantung pisang ternyata memiliki manfaat sebagai obat?

Di temui di sela-sela kesibukan, ahli farmasi Alkhamudi SSI Apt mengemukakan jantung pisang berkhasiat hampir serupa dengan pisang. Jantung pisang mengandung berbagai zat yang baik bagi kesehatan, seperti protein, mineral, kalsium vitamin, dan kandungan serat cukup tinggi.

Berdasar hasil penelitian, setiap 25 gram jantung pisang mengandung 31 kkal kalori, 1,2 gram senyawa protein, 0,3 gram lemak dan 7,1 gram zat karbohidrat. Jantung pisang juga mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan mineral penting seperti fosfor, kalsium dan Fe (zat besi). Tak hanya itu, bunga pisang mengandung saponin yang berfungsi menurunkan kolesterol dan meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah kanker. Jantung pisang mengandung flavonoid yang berfungsi antiradikal bebas, antikanker, dan antipenuaan. Selain itu juga mengandung yudium yang bisa mencegah penyakit gondok.

"Dengan kata lain, jantung pisang merupakan salah satu bahan pangan yang memiliki kandungan nutrisi paling komplet, menyehatkan, dan menjadi salah satu alternatif obat," kata alumnus UGM itu.

Dilihat dari kandungan tersebut, kata dia, jantung pisang sangat baik dikonsumsi orang yang sedang diet rendah lemak. Salah satu khasiat jantung pisang adalah memberi efek kenyang lebih lama dibandingkan dengan nasi dan makanan lain. 

"Otang yang sedang menjalani program diet cocok mengonsumsi jantung pisang. Selain memberi rasa kenyang lebih lama, jantung pisang mengandung fiber tinggi sehingga berkhasiat melancarkan pencernaan dan menyehatkan perut," kata Kepala Seksi Perbekalan Farmasi Bidang Penunjang dan Sarana RS Kariadi Semarang itu.

Alkamudi menuturkan kandungan indeks glemik (GI) jantung pisang tergolong rendah. Karena itu jantung pisang sangat cocok dikonsumsi penderita diabetes. Tahrom (32), misalnya, sejak setahun lalu dinyatakan mengidap diabetes. 

Meski tergolong ringan, dia tetap harus mengatur pola makan agar tidak menjadi-jadi. Atas saran teman dia memasukkan jantung pisang dalam menu makan. Meski tak terlihat langsung, bapak dua anak itu sangat merasakan khasiat jantung pisang. "Ya, memang tidak langsung mengobati. Namun gula darah saya bisa lebih terkontrol. Itu salah satu menu diet saya. Selain murah juga enak," ujar Tahrom.


Ragam Manfaat Jantung Pisang Untuk Kesehatan

Dengan memiliki kandungan faedah vitamin yang komplit, jantung pisang berguna untuk menghindar sebagian penyakit sebagai berikut ;

Cegah Cholesterol

Lantaran dapat mengikat lemak jahat serta cholesterol yang nanti bakal dikeluarkan

Cegah stroke

Langkahnya yakni dengan memakai satu buah jantung pisang ambon yang di rebus. Kemudian, peras serta ambillah sarinya serta setelah itu minum sejumlah 2 x satu hari untuk menghindar penyakit stroke.

Makanan pasien diabetes

Jantung pisang baik untuk pasien diabetes lantaran mempunyai indeks glikemik yang rendah hingga insulin yang diperlukan untuk merubah glukosa jadi daya. Jantung pisang yang direbus saja ini, begitu efisien untuk turunkan kandungan gula darah.

Menyehatkan Perut

lantaran memperlancar pencernaan lantaran jantung pisang memiliki kandungan fiber yang tinggi.
Kaya serat

terkecuali memiliki kandungan serat pangan yang tinggi sebab jantung pisang mempunyai kandungan seperti karbohidrat, protein, mineral ataupun vitamin seperti betakarotin, vitamin B1.

Memperlancar siklus darah

Lantaran jantung pisang berbentuk anti koagulan yang bisa menghindar terjadinya penggumpalan darah.

Baik untuk diet

Lantaran jantung pisang memberi dampak kenyang lebih lama, dari pada faedah nasi putih lantaran mempunyai serat yang tinggi serta rendah

Anti penuaan serta mengobati infeksi

Ini teradi lantaran jantung pisang mempunyai kandungan flavonoidny berperan sebagai anti radikal

Menghindar kanker

Kandungan dalan jantung pisang dipercaya kurangi dampak radikal bebas di mana radikal bebas ini dapat menyebabkan rusaknya kemampuan organ, lantaran system oksidasi menyebabkan penuaan pada sebagian sel. Estrak metanol dalam jantung pisang memiliki ciri-ciri seperti faedah anti-oksidan, yang begitu baik untuk menghindar radikal bebas.

Menghindar penyakit gondok

Lantaran jantung pisang memiliki kandungan yodium


Loading...