Begini Cara Diet Pisang Yang Benar dan Ampuh Pangkas Lemak Lebih Banyak


Loading...

Diet Buah Pisang, Sejarah dan Bagaimana Cara Kerjanya

Memiliki tubuh yang gemuk menjadi salah satu masalah tersendiri bagi sebagian orang. Terlepas dari banyaknya efek negatif yang di timbulkan karena masalah kegemukan, memiliki tubuh yang proporsioanal dan sehat menjadi alasan tersendiri mengapa kemudian banyak yang berusaha menurunkan berat badannya dengan berbagai cara.

Cara melakukan diet buah pisang yang benar

Diet buah pisang dapat menjadi alternatif yang terbilang efektif menurunkan berat badan. Sudah begitu banyak testimoni diet buah pisang dari orang-orang yang berhasil mendapatkan tubuh ramping dengan menjalani metode diet yang satu ini.

Morning Banana Diet pertama kali dikembangkan oleh Hitoshi Watanabe, mantan mahasiswa kedokteran preventif di Tokyo, dan istrinya yang juga seorang apoteker, Sumiko. Awal mula diet ini dikenal khalayak ramai berkat penyebaran dari mulut ke mulut, situs website, acara televisi, artikel majalah, dan buku yang ditulis oleh dirinya sendiri.

Hitoshi Watanabe menerapkan cara diet pisang yang benar pada tahun 2008 lalu. Tidak tanggung-tanggung, pria yang saat itu berusia 31 tahun ini berhasil menurunkan berat badannya hingga 18 kg secara permanen.

Cara kerja diet pisang atau Morning Banana Diet ini sebenarnya cukup sederhana. Ketika sarapan, Anda hanya diperbolehkan makan pisang dan air mineral dengan suhu kamar. Kemudian, Anda dapat mengonsumsi apa pun yang diinginkan ketika waktu makan siang datang. 

Yang harus dihindari dalam diet ini adalah, es krim, produk susu, alkohol, atau makanan penutup setelah makanan malam.

Mengapa Diet Buah Pisang Dapat Menurunkan Berat Badan ?

Pisang merupakan buah yang banyak terdapat di indonesia karena pohon pisang mudah tumbuh dan mudah dikembangkan di negara kita. Pisang menjadi pilihan yang tepat untuk membantu menurunkan berat badan. Berbagai kandungan yang terdapat pada buah pisang sangat ampuh membantu mendapatkan bentuk tubuh yang ideal seperti kandungan serat dan potasium

Berikut beberapa manfaat buah pisang yang cocok untuk program diet :

Mengandung serat yang tinggi

Manfaat pisang untuk diet yang pertama adalah kandungan serat dalam pisang yang tinggi dapat melancarkan pencernaan anda. Dengan mempunyai pencernaan yang lancar tentu akan mempercepat proses menurunkan berat badan anda.

Mengandung kalium yang tinggi

Kandungan kalium tinggi pada pisang dapat membantu sistem pencernaan anda menjadi lebih sehat ketika menjalankan program diet. Selain itu, kalium yang terdapat dalam buah pisang juga membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh anda sehingga anda tidak akan mengalami dehidrasi saat diet.

Mengandung kalori yang rendah

Anda tidak perlu takut mengkonsumsi buah pisang ketika menjalankan program diet, itu karena kandungan kalori yang terdapat dalam buah pisang cukup rendah yaitu 92 kalori. Anda dapat menambahkan pisang dalam menu diet anda, tetapi yang perlu anda ketahui ketika menjalankan diet dengan pisang sebaiknya jumlah pisang yang dikonsumsi tidak lebih dari 5 buah pisang setiap harinya. Ini karena jika mengkonsumsi pisang dalam jumlah yang banyak malah akan menaikkan berat badan anda. (Baca juga : 20 Daftar Makanan Rendah Kalori dan Lemak Yang Pas Untuk Diet)

Mengandung gizi tinggi

Berbagai macam kandungan gizi pada pisang misalnya vitamin, asam folat, magnesium, dan kalium. Selain itu pisang juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat menangkal radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit. Kandungan antioksidan dalam pisang juga dapat mencegah penuaan dini dan membuat wajah anda terlihat lebih cerah. Jadi anda tidak perlu takut terlihat kurus dan tua.

Mengandung rendah lemak

Manfaat pisang untuk diet selanjutnya yaitu kandungan lemak yang rendah hanya sebesar 0,5 gram. Dengan kandungan lemak yang rendah pisang dapat anda konsumsi setiap hari saat diet dan tidak perlu takut berat badan anda akan naik. (Baca juga : Inilah 5 Mitos dan Fakta Tentang Lemak Yang Wajib Anda Tahu)

Mengandung protein tinggi dan rendah karbohidrat

Kandungan protein yang tinggi dapat menjadi sumber energy anda ketika menjalankan program diet, selain itu juga karena kandungan karbohidrat yang rendah. Kandungan karbohidrat yang rendah cocok untuk konsumsi anda ketika diet.

Cara Melakukan Diet Buah Pisang Yang Benar Agar Pangkas Lemak Lebih Banyak

Seiring dengan berkembangnya kebutuhan akan cara diet yang benar dan ampuh menurunkan berat badan, maka ada begitu banyak metode diet alami yang dikembangkan oleh para pakar baik yang dilakukan secara personal atau dari pengalaman orang-orang yang berhasil menjalankannya.

Hal ini juga berlaku untuk diet buah pisang. Berikut beberapa cara diet buah pisang yang benar yang dapat menjadi referensi bagi anda. Silahkan di polih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan tubuh anda.

Cara Diet Buah Pisang Yang Pertama - Diet Buah Pisang dan Air Hangat Ala Watanabe

Seperti yang telaj dikemukakan sebelumnya jika cikal bakan diet menggunakan buah pisang ini di pelopori oleh Hitoshi Watanabe, Ia menjalankan diet buah pisang dengan metode menggabungkan manfaat buah pisang dan air hangat, metodenya adalah sebagai berikut :

1. Saat sarapan, konsumsilah 2 buah pisang berukuran sedang dan sesudahnya minumlah segelas air hangat bersuhu ruangan. Usahakan untuk selalu memakan pisang segar dan tidak terlalu matang.

2. Untuk makan siang Anda dapat mengonsumsi makanan apa saja, namun tetap perhatikan porsinya agar tidak berlebihan. Usahakan untuk selalu menyeimbangkan gizi menu makan Anda dengan makanan yang kaya serat dan bernutrisi tinggi.

3. Sedangkan, untuk menu makan malam Anda juga dapat memakan menu favorit. Namun perhatikan waktunya, waktu yang baik untuk makan malam adalah jam 6 malam. Usahakan untuk jangan makan malam di atas jam 8 malam. Jika Anda merasa lapar sebaiknya cukup mengganjalnya dengan buah atau yogurt.

Sebagai tambahan informasi, jenis pisang untuk diet yang bisa Anda konsumsi adalah pisang Cavendish.

Cara Diet Buah Pisang Yang Kedua - Diet Buah Pisang dan Pepaya

Selain dengan metode ala Watanabe, anda juga bisa mencoba menjalankan diet buah pisang dengan kombinasi buah pepaya. Manfaat buah pepaya untuk diet juga cukup banyak untuk membantu program diet anda. Alasannya adalah buah pepaya mengandung rendah kalori yang sangat baik untuk melangsingkan tubuh. dalam 100 gram buah pepaya hanya mengandung kalori sebanyak 39 gram saja dan ini akan membuat anda merasa lebih kenyang lebih lama dan tidak mudah lapar. Jadi dengan mengonsumsi buah pepaya setiap hari anda akan mengurangi porsi makan anda secara tidak langsung dan tubuh akan menggunakan lemak sebagai bahan energi utama.

Buah pepaya tidak mengandung kolesterol sehingga jika anda mengonsumsinya banyak juga tidak apa-apa. Seperti yang diketahui baha kolesterol saat ini sedang menjadi momok karena sudah ditemukan hasil bahwa kolesterol mampu menjadi penyebab dari berbagai jenis penyakit berbahaya.
Serat merupakan salah satu kandungan yang sangat banyak didapatkan dalam buah pepaya. Buah pepaya sangat baik untuk pencernaan dan bisa membantu anda dalam menyerap protein serta nutrisi lainnya dalam tubuh.

Buah pepaya juga mengandung zat yang mampu menyerap karbohidrat tinggi sehingga kadar gula dalam darah bisa dikendalikan. Jadi bagi anda yang mengalami penyakit gula darah seperti diabetes maka anda sebaiknya mengonsumsi buah pepaya secara rutin setiap harinya.

Buah pepaya mengandung enzim papain, dimana enzim ini akan memperlancar pencernaan dan membantu tubuh menyerap protein lebih banyak dari biasanya. Jika pencernaan lancar maka tidak akan terjadi penumpukan makanan di dalam usus yang juga berpotensi menjadi lemak dan cukup berbahaya bagi tubuh.

Buah pepaya juga mengandung rendah lemak serta banyak air. Jadi bagi anda yang sedang menurunkan berat badan dapat mengontrol kehadiran lemak dan kandungan airnya ini akan membantu menguraikan lemak serta zat berbahaya dalam tubuh. jadi bisa digunakan sebagai alat untuk menurunkan berat badan secara alami.

Dengan mengonsumsi buah pepaya saat diet anda bisa mengurangi porsi makan biasanya. Hal ini karena kandungan nutrisi yang ada di dalam buah pepaya cukup lengkap seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, beta karoten, flavnoid, asam folat, asam pantotenat dan lainnya sehingga anda bisa mengurangi asupan makanan lainnya

Cara melakukan diet buah pisang dan pepaya

Menu sarapan pagi : 1 buah pisang + 1 gelas susu skim rendah lemak tanpa pemanis.

Variasi bisa menggunakan teh hijau untuk minuman di pagi hari. Teh  hijau juga berperan di didalam membantu program penurunan berat badan.

Menu makan siang : Pepaya 2 s/d 4 iris ukuran normal + keju cottage + air putih
Saat siang hari, kita banyak kehilangan air dari dalam tubuh. Oleh karena itu kita membutuhkan asupan air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan air di dalam tubuh. Kandungan air dalam buah pepaya yang banyak dapat membantu memenuhi kebutuhan air tersebut ditambah dengan mengkonsumsi air putih yang banyak.

Menu makan malam : Pisang + susu rendah lemak
Untuk menu makan malam sebaiknya kembali mengkonsumsi pisang ditambah dengan susu rendah lemak. Konsumsilah buah pisang dan susu tersebut sebelum jam 7 malam.

Untuk cemilan kita bisa mengkonsumsi pisang atau pepaya sebagai cemilan. Tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan berminyak dan berlemak.

Cara Diet Buah Pisang Yang Ketiga - Diet Buah Pisang 7 Hari

Diet pisang dalam 7 hari termasuk diet cepat yang dapat anda lakukan dengan menurunkan 3 kg dalam waktu seminggu. Diet ini dilakukan dengan cara mengkombinasikan berbagai makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan vitamin dengan buah pisang. Berikut cara melakukan diet pisang dalam 7 hari :

Diet Buah Pisang 7 Hari

Sarapan dimulai denga 1 buah pisang setelah itu anda bisa mengkonsumsi 2 lembar roti tawar, susu skim atau kopi dengan sakarin

Makan siang anda dapat mengkonsumsi berbagai makanan berikut 1 gelas susu skim, 2 buah pisang dan semangkuk sayur sop

Makan malam anda dapat ditemani dengan 1 cangkir teh hangat, 1 buah pisang yang dicampur susu kental manis rendah lemak

Diet pisang dalam 7 hari dapat menurunkan berat badan sebanyak 3 kg lebih lambat dibanding 3 hari 3 kg, jadi caranya juga lebih longgar. Diet ini hanya boleh dilakukan dalam 7 hari jangan lebih agar kesehatan anda tidak terganggu. Pisang cavendish dapat anda jadikan pilihan saat diet pisang ini.

Cara Diet Buah Pisang Yang Keempat - Diet Buah Pisang 14 Hari

Diet pisang berikutnya adalah diet pisang dalam 14 hari yang dapat membantu membakar lemak anda sebanyak 5 kg. Meski memakan waktu yang cukup lama dengan menurunkan berat badan yang relatif lebih sedikit namun diet ini lebih seimbang dan lebih aman karena caranya lebih longgar dan tidak terlalu ketat. Berikut cara melakukan diet pisang dalam 14 hari :

Berbagai menu kombinasi berikut ini dapat anda jadikan menu sarapan seperti 2 gelas air putih, 1 buah pisang, susu skim atau teh dengan sakarin, keju cottage dan roti gandum

Makan siang 1 buah pisang, salad sayuran dengan taburan minyak wijen, ikan bakar atau dada ayam panggang tanpa kulit, dan 2 gelas air putih

Minum air putih disela-sela kegiatan anda

Makan malam 1 buah pisang, 1 telur rebus, dan salad

Diet pisang dalam 14 hari ini jika dilihat dari beberapa menu makanan sehari-hari lebih ringan dibanding diet pisang lainnya. 

Melakukan diet buah pisang ini anda tidak perlu terlalu menyiksa selera anda jika ingin mengkonsumsi beberapa jenis makanan lezat seperti ayam panggang atau ikan panggang diperbolehkan asal tetap dalam porsi yang sedikit.

Meski telah menjalankan diet buah pisang jangan lupa imbangi dengan melakukan olahraga ringan sesuai dengan kemampuan anda untuk membantu meningkatkan proses pembakaran lemak, dan minum air putih sesuai aturan sebanyak 8-10 gelas perhari.

Cara Diet Buah Pisang Yang Kelima - Diet Buah Pisang dan Telur

Diet buah pisang selanjutnya adalah dengan kombinasi telur. Saat sarapan makanlah hanya dengan 2 putih telur dan sebuah pisang. Pada saat makan siang makanlah seporsi protein bisa dalam bentuk ikan atau dada ayam

Untuk menu protein ini satu hal yang harus anda hindari adalah makanan yang dioleh dengan cara digorengm jadi pastikan anda mengkomsumsi makanan yang hanya direbus atau di kukus. 

Untuk Makan malam, makanlan hanya makan pisang atau sayuran, jika masih lapar anda dapat menambah porsi dengan camilan namun pastikan hanya camilan dari buah.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan olahraga secara rutin, Treadmil dan latihan kardio bisa menjadi pilihan yang tepat. (Baca juga : 24 Latihan Terbaik Untuk Meratakan Perut Buncit)

Jenis Buah Pisang Yang Baik Untuk Diet

Jenis pisang yang baik untuk diet

Pisang yang digunakan untuk diet diutamakan adalah pisang yang matang yang sudah berwarna kuning keemasan. Salah satu jenis pisang yang saat ini populer digunakan adalah pisang Cavendish. Rasa buahnya manis dan lunak, tidak benyek, dengan daging buah berwarna putih kekuningan. Kulitnya kuning polos tanpa bintik-bintik hitam. 

Pisang ambon dan pisang emas juga dapat digunakan sebagai alternatif jenis pisang untuk diet. Pisang ambon rasanya sangat manis sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama. Meskipun begitu kandungan kalorinya rendah sehingga aman untuk diet. Yang pasti apapun jenis pisangnya, pilihlah yang sudah matang dan tidak busuk, sehingga tidak menimbulkan sakit di perut.

Aturan penting menjalankan diet buah pisang

1.Sarapan

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, salah satu cara terbaik adalah dengan mengubah gaya hidup dengan sarapan yang sehat setiap pagi. Sarapan dapat membantu menjaga metabolisme Anda. Pastikan Anda makan dalam waktu 30-60 menit dari bangun tidur agar pembakaran lemak tubuh bisa berjalan maksimal. Sarapan juga memastikan Anda tidak merasa kelaparan di siang hari dan membuat pilihan yang buruk dalam memilih makanan untuk mengatasi lapar.

Sarapan dengan makanan yang mengandung pati resisten dapat membantu Anda tetap kenyang dan membakar lebih banyak kalori pada tubuh. Salah satunya adalah pisang.

Pada diet pisang, saat sarapan Anda diharuskan untuk makan pisang dan minum air putih saja. Buah pisang tidak boleh dimasak atau dibekukan terlebih dahulu. Anda dapat mengganti pisang dengan buah lainnya, tetapi hanya satu jenis saja. Jika Anda masih merasa lapar, tunggulah sekitar 15 sampai 30 menit sebelum makan makanan lainnya.

2. Makan siang dan malam

Tidak ada aturan yang ketat untuk makan siang dan malam pada metode diet pisang ini. Anda dapat mengonsumsi makanan apa pun yang Anda inginkan. Tetapi Anda harus berhenti saat merasa kenyang sekitar 80% dari kebutuhan makan Anda.

4. Makanan ringan

Makanan ringan hanya diperbolehkan satu kali saja setiap siang atau sore, ini adalah satu-satunya waktu di mana Anda bisa mengonsumsi makanan manis. Meskipun begitu, diet ini juga perlu menghindari es krim, susu dan produk olahan turunannya.

5. Tidur Cukup

Diet pisang juga memastikan Anda untuk fokus pada waktu tidur yang cukup antara 7 hingga 9 jam setiap malam. Ketika Anda lelah akibat kurang tidur, kemungkinan untuk makan berlebihan dan mengonsumsi makanan yang kurang sehat akan meningkat.

6. Tetap Konsumsi Air Putih Yang Cukup

Prinsip diet yang baik dan benar bagi tubuh minum air putih yang cukup, Dengan demikian semakin banyak mineral yang masuk kedalam tubuh kita semakin banyak pula kalori yang terbakar. Dengan menambah volume air yang kita minum setiap harinya ini sangat efektif terhadap penurunan berat badan

Itulah sekilas mengenai cara diet pisang yang benar yang dapat kami sajikan kali ini, semoga dapat menjadi referensi berharga bagi anda yang sedang menjalankan program diet. Sukses untuk diet anda.

*/dari berbagai sumber

Loading...