Diet Bawang Putih, Resep dan Cara Langsing Dengan Bawang Putih


Loading...

Apa Itu Diet Bawang Putih dan Manfaatnya ?

cara mengolah bawang putih untuk diet

Bawang putih adalah primadona dari setiap bumbu masakan, makanan-makanan yang kerap kita konsumsi seperti nasi goreng, tahu tempe dll selalu menjadikan bawang putih sebagai kunci utama agar rasanya makin sedap. Disadur dari MindBodyGreen ternyata ada fakta menarik dari bawang putih ini ya ternyata bawang butih dapat melangsingkan tubuh !

Bawang putih sebagai pelangsing badan telah melewati berbagai uji coba yang cukup panjang,  Penelitian yang dilakukan oleh Dr David Mirelman menemukan bahwa ketika mengkonsumsi bawang putih anda akan malas untuk makan lebih banyak.

Dalam percobaan dengan tikus bawang putih terbukti dapat mencegah kenaikan berat badan. Potensi bawang putih sebagai herbal pelangsing badan karena adanya komponen allicin yang terkandung dalam bawang putih. Senyawa ini adalah senyawa sulfur yang mampu menekan nafsu makan. (Baca juga : 5 Cara Mudah Mengendalikan Nafsu Makan Saat Diet)

Bawang putih juga sangat baik dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Mampu menstimulasi sistem saraf yang meproduksi hormon adrenalin yang akhirnya membuat metabolisme tubuh meningkat. Maka dengan peningkatan metabolisme tubuh inilah kemudain dipercaya bawang putih sangat baik untuk membantu membakar kalori dan menurunkan berat badan. (baca juga : Aktivitas Ini Membakar Banyak Kalori, Cocok Bagi Anda Yang Ingin Diet)

Selain itu bawang putih juga banyak memberikan efek yang baik untuk kesehatan seperti dapat mengurangi resiko pembekuan darah,menurunkan kolesterol,menurunkan tekanan darah, penelitian tentang manfaat bawang putih terhadap kanker sampai saat ini masih terus dilakukan.

Tips Memilih dan Mengolah Bawang Putih Untuk Diet

Saat anda memutuskan untuk melakuka diet dengan bawang putih maka cara mengolah bawang putih yang benar tentu menjadi salah satu yang wajib anda perhatikan.

kurus dengan bawang putih

Untuk itu Pilih bawang putih yang tidak dikemas dalam plastik, dengan begitu  Anda dapat lebih mudah untuk memeriksa kualitas bawang putih nya. Penampilan bisa menjadi petunjuk bagi Anda untuk kesegaran; kulit bawang yang seperti kertas putih adalah yang terbaik. Kemudian pilihlah bawang putih  yang masih segar dan tidak lembek, serta tidak terdapat bintik-bintik coklat.

Jangan berharap rasa bawang putih bubuk dapat meniru (sama) dengan rasa yang diberikan oleh bawang putih segar. Bawang putih bubuk rasa nya banyak yang hilang saat diproses. Bawang putih bubuk, bagaimanapun, dapat mempertahankan beberapa komponen aktif. Misalnya garam bawang putih,  mengandung sejumlah besar natrium – sebanyak 900 miligram per sendok teh, jadi hindari penggunaannya.

Simpan bawang putih di tempat yang sejuk, gelap, dan kering. Jika Anda tidak menggunakannya secara teratur, periksalah sesekali untuk memastikan bawang putih nya  masih dapat digunakan. Bawang putih hanya bisa bertahan beberapa minggu atau beberapa bulan saja. Jika satu atau dua siung telah dalam kondisi buruk, singkirkan (buang).

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari bawang putih, Maka saat mengolah bawang putih sebaiknya memotong atau mencacahnya terlebih dahulu. Bisa juga diblender atau dimemarkan, baru lakukan pemanasan dengan ditumis, direbus atau dicampurkan dengan bahan lainnya. (Baca juga : Kenali 6 Faktor yang Bisa Merusak dan Menghambat Diet Anda)

Cara dan Resep Mudah Diet Bawang Putih Yang Layak Anda Coba

Ada beberapa alternatif menurunkan berat badan dengan bawang putih. Yaitu dengan cara mengkombinasikan manfaat bawang putih untuk dengan perpaduan bahan alami lainnyya yang juga tidak kalah besar manfaatnya untuk memangkas lemak lebih banyak berikut beberapa di antaranya :

1. Ramuan Bawang Putih dan Jeruk Nipis

Yang pertama adalah dengan kombinasi bawang putih dan jeruk nipis, ya dengan perpaduan keduanya tentu akan semakin banyak manfaat yang akan kita dapatkan. Manfaat jeruk nipis sebagai minuman pelangsing juga sudah teruji dan terbukti ampuh menurunkan berat badan. Karena kandungan asam pada jeruk nipis membantu pencernaan pada perut dan juga dipercaya dapat mengurangi lemak di dalam tubuh. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa mengkonsumsi jeruk nipis secara rutin dapat membantu untuk memiliki bentuk tubuh dan berat badan yang ideal. (Baca juga : Terbukti ! Begini Trik Baru Masak Nasi Biar Tubuh Gak Gendut. Mau Coba ?)

Cara membuat ramuan bawang putih dan jeruk nipis juga cukup mudah, yang anda perlukan yakni menyiapkan air hangat dan isikan dengan perasan jerus nipis. Kemudian iris tipis bawang putihnya , diamkan dulu beberapa saat kemudian masukkan ke air hangat yang sudah ada perasaan jeruk nipis yang tadi. Konsumsi setiap hari 2 kali sehari selama dua minggu

2. Ramuan Bawang Putih dan Lemon


Selain dengan jeruk nipis anda juga bisa mencoba ramuan bawang putih dan lemon sebagai minuman sehat saat menjalankan diet. Lemon juga termasuk salah satu buah yang baik untuk diet.

Salah satu manfaat lemon yang sudah banyak diketahui adalah untuk men-detoks tubuh dari racun-racun yang selama ini tersisa di dalam tubuh. Sehingga, tubuh pun akan menjadi bugar kembali dan terbebas dari berbagai penyakit. Selain itu, bagi Anda yang sedang dalam proses penurunan berat badan, lemon ternyata bisa menjadi salah satu alternatif jitu untuk membuat tubuh langsing dan singset. (Baca Juga : Begini Cara Diet Pisang Yang Benar dan Ampuh Pangkas Lemak Lebih Banyak)

Kandungan nutrisi di dalam lemon tentu sangat bermanfaat jika kita mengkonsumsinya. Bahkan, jika dikonsumsi dengan benar, lemon bisa membantu kita menurunkan berat badan

Cara membuat jus bawang putih dan lemon

Bahan yang perlu disiapkan :

3 siung bawang putih.
Satu lemon yg sudah dihaluskan/dijus.
1 cangkir air.

Cara Membuat:

Campur jus lemon dengan satu cangkir air.
Haluskan bawang putih dan campur dengan lemon lalu minum.
Lakukan ini setiap pagi sebelum sarapan selama dua minggu

Amankah Mengkonsumsi Bawang Putih Tiap Hari


Meskipun begitu banyak pemanfaatan bawang butih sebagai cara melangsingkan tubuh sebaiknya juga tetap memperhatikan efek negatifnya. Karena bawang putih juga dipercaya memiliki efek samping seperti  dapat mengencerkan darah yang dapat membuat orang lebih rentan terhadap pendarahan dan memar.

Bawang putih juga memiliki efek lain karena dapat mengiritasi saluran pencernaan, dan menurunkan tekanan darah

Oleh karena itu diperlukan cara bijak sebelum menggunakan bawang putih sebagai metode diet melangsingkan tubuh. Disarankan agar terlebih dahulu berkonsultasi ke dokter untuk memastikan bawang putih aman untuk kondisi tubuh anda, Sebab orang-orang yang memiliki masalah khusus terkadang tidak disarankan untuk mengkonsumsi banyak bawang putih dan semacamnya.

Namun jika ternyata hasil konsultasi dari dokter memungkinkan untuk mengkonsumsi bawang putih maka tidak ada salahnya anda mencoba diet bawang putih ini sebagai cara menurunkan berat badan anda. Semoga bermanfaat .


Loading...