Diet Air Kelapa, Efek dan Panduan Agar Sukses Turunkan Berat Badan


Loading...

Mengapa Diet Air Kelapa Bisa Menurunkan Berat Badan

Kita tentu sudah sangat paham jika air kelapa memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.Air kelapa pun dipercaya memiliki kemampuan untuk menyembuhkan beberapa keluhan penyakit misalnya alergi, demam berdarah, diare, panas dalam, membersihkan kulit yang berjerawat dan membantu mendapatkan kulit mulus. Disamping itu diet air kelapa ternyata banyak pula di lakukan oleh orang-orang sebagai metode alternetif untuk menurunkan berat badan

Minum air kelapa bisa kurus


Dijelaskan ahli gizi Jansen Ongko, MSc, RD, air kelapa kaya akan vitamin B, vitamin C, potassium, enzim, asam amino, rendah kalori dan memiliki efek antioksidan sehingga dapat dijadikan salah satu metode diet sehat. (baca juga : diet dengan minyak kelapa)

Dilansir dari lama magformen setidaknya ada 4 manfaat utama yang menjadikan diet air kelapa diyakini dapat membantu penurunan berat badan yakni :

1. Dapat memenuhi kebutuhan vitamin B dan Potassium

Air kelapa dapat memenuhi kebutuhan vitamin B yang berperan penting dalam metabolisme sel dan menjaga kekebalan tubuh. Kemudian kandungan potassiumnya juga membantu dalam fungsi sistem saraf dan kelancaran peredaran darah.

Selain itu pottasium yang terkandung dalam air kelapa disinyalir dapat membantu membangun massa otot, mengontrol dan menjaga jumlah lemak

2. Menekan nafsu makan

Saat melakukan program diet, biasanya rasa lapar akan selalu melanda setiap saat. Rasa lapar bisanya dipicu karena besarnya nafsu makan yang ada dalam diri manusia. 

Meski bukan hal yang aneh, akan tetapi nafsu makan sebenarnya dapat diminimalisir dengan cara minum air kelapa, hal ini dikarenakan kandungan pada buah pantai ini dapat menekan glukosa melalui aliran darah sehingga mampu menghindari dari terserang penyakit diabetes, selain itu dapat menghambat nafsu makan.


3. Rendah kalori dan gula

Jika Anda kesulitan untuk menghindari minuman manis saat menjalani program diet, cobalah untuk mengonsumsi air kelapa. Hal ini dikarenakan air kelapa rendah kalori dan gula sehingga dapat menjadi pengganti minuman manis.

Satu cangkir air kelapa hanya mengandung 45 kalori, 0 gram lemak, 10 gram karbohidrat, dan 1 gram protein. Selain itu, secangkir air kelapa juga mengandung 2,6 gram serat yang dapat membantu mengontrol rasa lapar.

4. Meningkatkan Metabolisme tubuh

Saat anda menjalakan diet, metabolisme tubuh yang baik adalah salah satu faktor yang wajib terpenuhi agar diet anda berhasil.


Air kelapa juga memiliki manfaat untuk membantu anda meningkatkan metabolsime tubuh. Hal ini disebankan karena air kelapa mengandung berbagai mineral alami yang disebut juga dengan elektrolit. Elekrolit berperan dalam regulasi cairan tubuh manusia yang mempengaruhi metabolisme

Apakah Diet Air Kelapa Cocok Untuk Semua Orang ? Adakah Efek Negatifnya ?

Seperti yang telah diuraikan di atas, air kelapa memang mengandung begitu banyak nutrisi yang sangat penting untuk menunjang usaha anda untuk menurunkan berat badan, namun hal ini tentu saja tidak lantas menjadikan air kelapa cocok untuk di jalankan oleh semua orang. Ada beberapa kondisi tertentu yang menjadikan air kelapa memilik efek negatif terhadap tubuh jika dikonsumsi secara terus menerus tanpa kontrol yang baik terlebih bagi anda yang terlalu bernafsu menurunkan berat badan secara cepat dan instan.

efek minum air kelapa

Efek Negatif Air Kelapa


1. Air kelapa yang mengandung mineral dan vitamin baik untuk dikonsumsi setelah kita melakukan aktifitas yang melelahkan dan memeras keringat. Ternyata, minum air kelapa saja tidak cukup. Ketika mengeluarkan keringat, tubuh kita akan mengalami kekurangan sodium.

Sedangkan kadar sodium dalam air kelapa tidaklah mencukupi untuk mengganti kekurangan sodium di tubuh kita. Konsumsi air mineral tetap disarankan.

2. Air kelapa merupakan minuman yang rendah lemak. Namun jangan menjadikan air kelapa sebagai obat penurun berat badan atau obat diet alami. Karena konsumsi air kelapa yang berlebihan kemungkinan dapat menyebabkan diare.

Bagi orang yang mengalami sembelit, air kelapa memiliki manfaat yang besar karena membantu melancarkan pencernaan yang terganggu.

3. Walaupun asam amino yang terkandung dalam air kelapa lebih tinggi daripada kandungan asam amino dalam susu sapi, tidak berarti kita berhenti minum susu dan menggantinya dengan air kelapa. Karena susu mengandung vitamin dan mineral yang lebih lengkap daripada air kelapa.

Jadi ketika Anda mengganti susu dengan air kelapa, Anda akan mengalami kekurangan nutrisi dan dapat mengganggu kinerja organ tubuh.

4. Air kelapa memang memiliki kandungan sejumlah zat mineral yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Namun mengkonsumsi air kelapa tidak menjamin kuatnya sistem imun kita melawan serangan penyakit yang disebabkan bakteri dan virus.

Padahal sistem kekebalan tubuh manusia sangat kompleks dan membutuhkan nutrisi yang cukup untuk membangun sistem imun yang kuat.

5. Jangan meminum air kelapa saat Anda berada dalam perjalanan ke suatu tempat. Salah satu efek samping air kelapa adalah dapat menimbulkan kejang otot dan rasa lelah akibat kadar kalsium dalam kandungan air kelapa.

6. Air kelapa memang bermanfaat bagi penderita penyakit batu ginjal, namun berbahaya bagi orang yang fungsi ginjalnya telah mengalami penurunan.  Maka harus dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada penderita batu ginjal tersebut.

Karena kalium dan zat elektrolit lainnya dalam air kelapa dapat menyebabkan hiperkalemi.
Efek samping air kelapa pada penderita fungsi ginjal yang turun adalah dapat membahayakan jantung

Tips Diet Air Kelapa Yang Baik Agar Sukses Menurunkan Berat Badan

Setelah mengetahui manfaat air kelapa dan bagaimana efek yang ditimbulkan jika mengkonsumsi air kelapa secara terus menerus, maka tentu saja kita dituntut untuk lebih bijak menjalankan diet air kelapa ini. tips diet air kelapa di bawah ini bisa menjadi rekomendasi bagi anda agar menjalankan diet air kelapa justru tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan, terutama bagi kesehatan tubuh anda secara menyeluruh.

1. Sebelum anda memutuskan menjalankan diet air kelapa, ada baiknya anda melakukan konsultasi ke dokter untuk memeriksa kondisi tubuh anda. Hal ini diperlukan sebab orang-orang yang memiliki kondisi tubuh seperti sembelit,ginjal dan jantung sangat tidak disarankan mengkonsumsi air kelapa secara terus menerus setiap hari.

2. Imbangi dengan mengkonsumsi air kelapa dan juga air putih. Mengkonsumsi air putih sangat disarankan agar tubuh kita tetap terhidrasi dan kebutuhan akan sodium tetap terpenuhi. Ada baiknya ada minum air kelapa satu gelas saja di pagi dan siang hari. Sisanya penuhi kebutuhan tubuh anda akan cairan dengan banyak mengkonsumsi air putih.


3. Mengandalkan air kelapa saja tidak cukup, oleh karena itu agar diet berhasil, kita juga dituntut untuk tetap menjalankan pola hidup yang sehat. Menghindari makanan cepat saji, gorengan dan makanan yang mengandung banyak lemak juga wajib dilakukan.

4. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran.

5. Disiplin dan jangan tergesa-gesa. 

Semoga artikel mengenai diet air kelapa ini bermanfaat untuk anda, semoga diet anda sukses.
Salam hangat

*/dari berbagai sumber


Loading...