Cari Variasi Resep dan Menu Oatmeal Untuk Diet ? Cukup Baca Disini !!


Loading...

Manfaat Oatmeal Untuk Diet

Menyinggung soal oatmeal, makanan yang satu ini seringkalo dikaitkan dan dianggap sebagai makanan untuk orang yang sedang sakit karena  memang teksturnya seperti bubur saat diseduh.

Variasi Resep Oatmeal

Padahal secara keseluruhan oatmeal juga dapat menjadi salah satu menu diet sehat sebagai pelengkap dari program diet  menurunkan berat badan.

Manfaat oatmeal untuk diet terletak pada kemampuan salah satu makanan olahan gandum ini dalam mengontrol berat badan. Kandungan serat yang tinggi menjadikan oatmeal sangat baik untuk menjaga pencernaan.

Oatmeal juga memiliki kandungan lemak yang rendah sehingga sangat aman untuk dikonsumsi menggantikan nasi dan untuk menu makan utama kita baik makan pagi, siang maupun makan malam.
 
Oatmeal juga termasuk karbohidrat kompleks sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Ini dapat membantu Anda makan lebih sedikit dengan memperlambat pencernaan sehingga menimbulkan efek kenyang yang lebih lama. Anda akan mendapatkan total 28 gram karbohidrat dari semangkuk oatmeal polos.

Gandum utuh juga biasanya lebih rendah kalori daripada biji-bijian olahan lain, seperti havermut instan, sehingga membantu Anda menekan jumlah asupan kalori per harinya. Semangkuk oatmeal polos 250 gram yang dimasak dengan air hanya mengandung kurang lebih 160 kalori dan 1,5 gram lemak. Nilai kalori rendah ini didapat dari tingginya kandungan serat dari gandum itu sendiri. Semangkuk oatmeal yang Anda makan akan mencukupi 4 gram serat makanan dari total kebutuhan harian tubuh sebanyak 25 gram.

Menurut FDA (The Food and Drug Administration), manfaat makan oatmeal tidak hanya untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan mencegah beberapa penyakit saja, namun makan oatmeal bisa bermanfaat untuk diet, membakar lemak lebih cepat sehingga berat badan menjadi turun.

Tips dan Cara Diet Oatmeal Yang Baik dan Benar

Diet oatmeal seringkali dilakukan selama 14 hari atau 2 minggu lamanya. Saat menjalankan diet oatmeal kita diharuskan mengkonsumsi oatmeal 3 kali dalam sehari, baik di pagi hari, siang dan malam hari selama 7 hari pertama. Saat 7 hari pertama itu kita juga diwajibkan mengkonsumsi makan bubur gandum utuh bukan oatmeal instan.

Setelah melewati fase di minggu pertama, maka kita bisa mengurangi frekuensi mengkonsumsi oatmeal yaitu satu-dua kali saja dalam sehari yang dimbangi dengan satu kali mengkonsumsi makanan berat yang rendah akan lemak. Total kalori yang di konsumsi dalam sehari tidak boleh lebih dari 1300 Kkal.

Diminggu kedua ini perbanyak pula mengkonsumsi buah dan sayuran.

Jenis Oatmeal Yang Baik Untuk Diet

Jenis oatmeal yang baik untuk diet adalah jenis oatmeal yang tidak menggunakan proses panjang seperti quick oat atau instant oat. Jenis oat yang satu ini ditandai dengan  tekstur halus dan tipis. Oat jenis ini cocok dijadikan bubur, dan makanan cepat saji yang aman tergolong sehat ketika butuh cemilan malam hari atau sarapan cepat pada pagi hari. 

Jenis Oatmeal Yang Baik Untuk Diet

Untuk oatmeal yang cocok untuk diet sebaiknya memilih jenis oat yang merupakan olahan pertama (Steel-cut oat) atau Old Fashioned Oat dan Rolled oat yang berbentuk pipih dan tidak banyak mengalami proses pengolahan dari gandum utuh. Hal ini dikarenakan, oat yang sedikit mengalami proses pengolahan akan memberikan lebih banyak karbohidrat kompleks yang sangat membantu untuk diet karena tubuh butuh waktu untuk memecah karbohidrat sehingga perut terasa kenyang lebih lama.

Sajian Resep Oatmeal Untuk Diet Sehat

Resep oatmeal untuk sarapan pagi


1. Oatmeal Panggang

Jika Anda bukan penggemar oat karena bentuknya, cobalah memanggang sebagai gantinya. Ini akan terasa seperti campuran antara camilan kenyal dan semangkuk krim dari gandum. Bahan yang bisa Anda gunakan adalah gandum mentah yang cepat masak, gula merah, kismis, kenari cincang, baking powder, susu, saus apel, mentega, telur, dan cooking spray. Campurkan semua bahan, dan panggang dalam oven. Kalori pada satu mangkuk oatmeal ini adalah sebanyak 281 kalori.

2. Chai oatmeal

Untuk semangkuk oatmeal sehat lainnya, Anda dapat menambahkan dedak oat. Ini akan membuat makanan terasa lezat sekaligus meambahkan lebih banyak serat untuk makanan Anda. Jika Anda menyukai rasa teh chai, Anda mungkin akan menikmati versi ini dengan menambahkan bumbu ketumbar, kayu manis, dan kunyit. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah susu, garam, ketumbar, kapulaga, kayu manis, kunyit, madu, ekstrak vanili, gandum biasa, dan dedak oat. Kalori yang disajikan semangkuk oat ini adalah 248 kalori.

3. Resep Oatmeal buah Untuk Diet

Bahan-bahan:
1 buah naga merah, blender hingga halus
100 gram oatmeal instant
1/2 buah jeruk sunkist
2 sdm susu cair low fat
1 sdm madu

Resep oatmeal buah Untuk Diet


Cara membuat:
1.  Blender buah naga merah dengan susu cair. Siapkan mangkuk. Kemudian masukan buah naga merah yg telah dihaluskan.
2.  Siram dengan oat kemudian letakkan potongan jeruk sunkist. Tuang madu diatasnya.
3.  Disarankan blender buah naga sebentar saja. Dapat juga menambahkan buah lain seperti strawberry, blueberry dll.

4. Oatmeal dengan kismis dan kolak pisang

Mengisi perut Anda dengan resep ini merupakan cara yang tepat untuk mengawali hari Anda. Menu memiliki 15 gram protein dan 8 gram serat per porsinya, dan ini dapat dibuat di dalam microwave untuk penyajian yang cepat. Bahan yang diperlukan adalah susu, rolled oat, kismis, pisang, dan jahe. Kalori yang dimiliki untuk semangkuk oat ini lebih banyak dari yang lainnya, yaitu sebanyak 420 kalori.

Resep Oatmeal Untuk Makan Siang

1. Resep Vegetable Oatmeal

Bahan-bahan:
4 sdm oatmeal
1 ikat bayam
Bawang putih secukupnya, haluskan
Makaroni secukupnya
Garam secukupnya

Cara membuat:
1.  Masukkan bayam, makaroni, dan wortel ke dalam rebusan air di magicom. Tunggu hingga agak matang.
2.  Masukkan 4 sendok oatmeal (bisa menggunakan quaker oatmeal instan, sesuai selera anda) 
3.  Masukkan bawang putih halus dan garam secukupnya. Aduk merata. Tunggu hingga matang.
4.  Untuk lauk pendamping, sesuai selera. Anda bisa mendapatkan telur rebus dan abon.

2. Resep Banana Oatmeal Pancake

Bahan-bahan:
2 butir telur
1 cup oatmeal
6 buah pisang ukuran sedang

Cara membuat:
1.  Haluskan 2 buah telur, 1 cup oatmeal, dan 4 buah pisang dengan memakai blender sehingga menjadi adonan.
2.  Panaskan teflon, dan masukkan adonan ke dalamnya.
3.  Setelah pancake jadi, taruhlah ke dalam piring dan potong2 2 buah pisang sebagai toppingnya.

Resep Oatmeal Malam Hari/ overnight oats untuk diet

1. Resep Overnight Oatmeal Basic

Bahan-bahan:
1 sdm chia seed
150 gram yoghurt
1/2 cup oatmeal

overnight oats untuk diet

Cara membuat:
1.  Siapkan wadah, bisa Tupperware atau gelas biasa.
2.  Tuang Oat dan chia seed lalu masukan yoghurt.
3.  Sebelum masuk ke kulkas, aduk rata. Lalu dinginkan semalaman.
4.  Keesokan paginya, tambahkan topping kesukaan anda sebagai pelengkap.

2. Resep Overnight Oatmeal With Fruits

Bahan-bahan:
5 sdm oat
1 sachet susu bubuk, seduh
1/2 botol yoghurt cimory plain
Buah-buahan sesuai selera

Cara membuat:
1.  Potong dadu pear dan iris pisang, kupas jeruk biarkan daging buahnya utuh.
2.  Campurkan oat, susu, dan 1/4 yoghurt. Aduk merata.
3.  Siapkan jar (bisa pakai tupperware atau toples makanan). Masukkan campuran oat, buah, dan 1/4 yoghurt secara bergantian. Misalnya, pertama masukkan oat, kemudian pear, yoghurt, oat, jeruk, yoghurt, oat pisang, yoghurt.
4.  Setelah selesai diamkan semalaman di kulkas dan paginya bisa untuk sarapan.

Itulah beberapa tips menu oatmeal untuk diet yang dapat kami sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat.


Loading...