Ragam Manfaat Bengkoang Untuk Diet dan Kesehatan, Sudah Tau ?


Loading...
Bengkoang sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu bahan alami yang memiliki banyak khasiat. Ada begitu banyak manfaat bengkoang yang perlu kita ketahui.

Bengkoang atau bengkuang termasuk ke dalam suku polong-polongan yang pertama kali di temukan di daratan Amerika tropis. Buah yang juga di kenal sebagai umbi ini sangat dikenal dalam dunia kecantikan.

Manfaat Bengkoang Untuk Diet dan Kesehatan


Manfaat bengkoang dalam perawatan wajah bahkan sudah dikenal sejak dulu dan digunakan sebagai masker untuk memutihkan kulit wajah. Namun tahukan anda jika kandungan nutrisi dalam bengkoang juga memiliki khasiat yang cukup ampuh untuk kesehatan, bahkan dapat digunakan sebagai salah satu minuman detox untuk diet dan pembakar lemak bagi mereka yang menjalankan program diet.

Manfaat Bengkong Untuk Diet

Diet bengkoang ? mungkin anda belum familiar dengan diet yang satu ini. Buah bengkoang dapat disajikan sebagai pelengkap camilan diet bersama dengan buah lainnya seperti, apel, pir, kiwi, jeruk, pisang , pepaya dll.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam bengkoang cukup banyak sehingga memiliki begitu banyak manfaat, salah satunya berguna untuk pembakaran lemak.

Bengkoang kaya akan vitamin c, vitamin B1, fosfor, kalsium, air (80-90%) dan serat. Khusus yang di sebut terakhir, kandungan serat dalam bengkoang dapat memaksimalkan organ pencernaan agar dapat bekerja lebih maksimal. Menyehatkan organ pencernaan terutama usus.

Saat menjalankan diet seorang pelaku diet dituntut untuk terus terhidrasi dengan memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Kandungan air dalam bengkoang cukup tinggi bahkan mencapai sekitar 90%, Dengan makan buah bengkoang pagi dan sore hari akan membantu tubuh tercukupi akan air dan tentu juga akan membuat perut kenyang lebih lama, ini yang utama bukan ?

Olehnya itu perpaduan air dan serat yang cukup banyak dalam bengkoang menjadikan buah yang satu ini merupakan buah yang baik anda konsumsi saat diet.

Cara menjalankan diet dengan bengkoang


Untuk menjalankan diet dengan bengkoang ini, pelaku diet di wajibkan untuk mengkonsumsi bengkoang berukuran sedang sebelum sarapan, makan siang dan makan malam.

Ada beberapa tips untuk anda :

Jika anda masih menggunakan nasi putih sebagai menu utama, maka kurangi porsi nasi menjadi 1/3 atau setengah porsi saja. Namun jika anda memilih menu pengganti nasi, ada baiknya memilih roti gandum, kentang rebus atau oatmeal.

Jika ingin mengkonsumsi susu jelas pilihlah susu skim atau susu rendah lemak.

Contoh Menu Diet Bengkoang


1. Sarapan pagi

Pilih 1 buah bengkoang yang berukuran sedang atau kecil, 
1/3 atau setengah porsi nasi putih
Tambahkan sayuran (pilih sesuai selera)
Untuk lauk anda bisa memilih ayam bakar tanpa kulit

Cemilan : Kombinasi bengkoang dengan buah lain seperti apel,pir, kiwi dsb.

1. Menu Makan Siang

1 buah kentang rebus
Salad atau sayuran segar
Bengkoang ukuran sedang

Cemilan : bengkoang dengan kombinasi apel, jeruk, pir dsb.

3. Makan Malam

Roti gandum 1-2 iris
susu skim / susu rendah lemak
1 buah bengkoang ukuran sedang

Catatan: tetap penuhi kebutuhan air putih saat diet

Selain menu di atas, cara lain untuk mendapatkan manfaat bengkoang untuk diet ini adalah dengan mengolah bengkoang menjadi rujak atau petisan.

Cara ini terbilang cukup murah dan cukup simple. Rujak atau petisan bengkoang sangat cocok sebagai pengganti camilan lain yang kurang sehat. Makan bengkoang sebagai rujak ini juga menjadi alternatif lain bagi anda yang bosan mengkonsumsi bengkoang yang begitu-begitu saja.

rujak bengkoang
rujak bengkoang sebagai alternatif camilan saat siet

Salah satu alternatif lain, selain dengan membuat rujak bengkoang, tentu saja anda bisa membuat jus bengkoang. Jus bengkoang untuk diet ini dibuat dengan cara yang cukup mudah dan sederhana.

Anda cukup menyiapkan buah bengkoang yang telah di kupas kulitnya dan telah di cuci bersih. Selanjutnya bengkoang di potong kecil-kecil lalu masukkan ke dalam blender. Anda dapat menambahkan es batu dan susu skim untuk menambah rasa.

Jus bengkoang ini sangat cocok di konsumsi sebagai minuman diet saat selesai melakukan olahraga di pagi hari seperti jogging atau lari pagi. (baca juga : teknik lari pagi saat diet)


Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat bengkoang bagi tubuh tentu saja bukan hanya untuk diet dan menurunkan berat badan, namun ada banyak manfaat bengkoang untuk kesehatan di antaranya adalah :

1. Menstabilkan gula darah

Bengkoang dikenal sebagai salah satu buah yang sedikit mengandung gula. Oleh nya itu buah bengkoang sangat direkomendasikan bagi penderita diabetes.

Bengkoang memiliki senyawa inulin yang membentuk rasa manis dan hebatnya rasa manis ini tidak mengandung kalori. Karbohidrat yang terkandung dalam bengkoang bahkan tidak menghambat metabolisme tubuh. 


2. Bagus untuk Kesehatan tulang


Selain sebagai makanan sehat untuk menurunkan berat badan, bengkoang memiliki kandungan kalsium dan magnesium yang penting untuk membantu menjaga kesehatan tulang. Jadi saat anda sedang diet, saat menjalankan olahraga tentu saja tubuh memerlukan asupan gizi yang baik
untuk menjaga tulang. 

Nah bengkoang bisa menjadi salah satu solusinya. Magnesium membantu penyerapan kalsium dalam tulang secara optimal.

3. Memenuhi Kebutuhan zat besi


Bengkoang mengandung banyak zat besi yang sangat berguna untuk mencegah penyakit batuk dan anemia. Zat besi berfungsi membangun sel darah merah sehingga peredaran sari makanan dalam ditubuh bisa maksimal.

Zat besi juga baik untuk pertumbuhan otot dan jaringan tubuh. Memenuhi kebutuhan zat besi bagi tubuh akan membuat anda terhindari kekurangan darah, tidak gampang lesu dan letih serta terhindar dari sakit kepala. 

4. Bagus untuk kesehatan jantung


Bengkoang juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kardivaskular. Kandungan air dan senyawa lain seperti molekul karbohidrat, dan inulin dalam bengkoang memiliki manfaat untuk menjaga jantung dan kolesterol.

Selain itu manfaat bengkoang bagi kesehatan tubuh juga masih banyak yaitu :

- Meningkatkan kekebalan tubuh
- Menurunkan kolesterol jahat
- Mencegah sembelit
- Menurunkan nafsu makan
- Mengatasi wasir
- Menjaga kesehatan kulit
- Mengatasi sariawan
- Mengobati alergi
- Menjaga Kesehatan gigi
- Mencegah penuaan dini
- Mengurangi efek menopause, dan
- Mengatasi penyakit maag

Itulah manfaat bengkoang untuk diet dan kesehatan. Mengkonsumsi bengkoang secara teratur bukan hanya dapat membantu program diet anda, namun juga akan membantu meningkatan kesehatan organ tubuh kita secara menyeluruh. Bagi anda yang sedang diet, makan buah bengkoang saat diet saja tidak cukup, imbangi dengan olahraga dan menjaga pola makan anda. Semoga bermanfaat


Loading...