10+ Cara Diet Madu Yang Telah Teruji Menurunkan Berat Badan


Loading...
Cara Diet Madu - Sebagai besar dari kita mungkin sudah mengenal manfaat madu bagi kesehatan anda kecantikan. tapi tahukah anda jika madu adalah salah satu bahan alami yang efektif menurunkan berat badan?

Cara diet Madu

Menurut penelitian, beberapa testimoni dari orang-orang yang melakukan diet madu mengatakan jika mereka berhasil memangkas banyak lemak berlebih dari tubuh mereka dengan mengonsumsi madu sebelum tidur.


Hmm kedengarannya menarik ? Tapi mungkin anda masih bingung antara percaya atau tidak. Untuk itu kami sudah melakukan banyak penelusuran bagaimana diet madu dapat membantu menurunkan berat badan.

Baca terus tulisan ini, untuk mendapatkan informasi terkait manfaat diet madu untuk diet ini dan bagaimana cara melakukannya. Siapa tahu dapat merubah hidup anda !

Fakta - Manfaat Madu Untuk Diet Dan Efeknya Sebagai Ramuan Pelangsing Badan Yang Alami


Madu menyimpan segudang manfaat di balik rasanya yang manis. Meskipun manis namun madu penuh dengan nutrisi yang penting bagi tubuh. Mengonsumsi satu sendok madu setiap hari membantu tubuh anda tetap sehat dan bugar serta tetap ramping dan langsing. Berikut alasan dan manfaat madu untuk diet :

Madu memilik Index Glikemik (GI) yang cukup yakni (55). Ini membantu memberikan energi cepat ke tubuh, madu juga memiliki kemampuan yang baik  untuk memecah lemak yang tersimpan di dalam tubuh.

Madu memungkinkan hati kita memproduksi glukosa, yang digunakan oleh otak untuk menghasilkan hormon pembakar lemak. 

Madu dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh yang mengurangi ketegangan kardiovaskular dan menghindari risiko serangan jantung serta mengandung 22 asam amino yang membantu mengubah lemak menjadi energi yang dapat digunakan. 

Madu juga dapat  meningkatkan fungsi sistem pencernaan.  

Minum madu sebelum tidur dapat membantu anda memiliki kualitas tidur yang baik.

Madu dapat mengurangi hormon stres yang dapat memicu penambahan berat badan. 

Madu Dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Mengandung vitamin seperti B6, thiamin, niacin, riboflavin, dan asam pantotenat sebuah senyawa yang memiliki peran penting untuk menajga metabolisme tubuh. 

Madu bermanfaat untu meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung mineral seperti kalsium, tembaga, besi, magnesium, fosfor, seng, kalium dan natrium.

Madu adalah anti-oksidan dan anti-bakteri yang baik untuk membantu anda tetap sehat dan melawan penyakit seperti kanker dan penyakit lainnya. 

Enzim yang ada di dalam madu dapat mengekang rasa lapar dan menurunkan nafsu makan berlebihan.

Bagaimana ? apakah manfaat madu ini sudah cukup lengkap sehingga sudah cocok untuk anda jadikan pelengkap menu diet dan minuman diet anda sehari-hari ?

Jika anda tertarik anda juga bisa baca artikel lain :


Mari kita lanjutkan.........

Tips Diet Dengan Madu


 diet dengan madu dan air hangat
source: StyleCraze

Berikut ini beberapa metode diet dengan madu yang dapat anda coba :

Kombinasi Madu dan Bahan Herbal 


Cara diet madu yang pertama adalah dengan membuat berbagai resep minuman pelangsing badan dengan mencampurkan madu dengan bahan herbal lainnya seperti kayu manis, kunyit, bawang putih, aloe vera, cuka apel dan jahe. 

Lalu bagaimana cara membuat resep madu untuk diet dengan bahan-bahan herbal diatas ? Tenang kami akan jabarkan sekengkapnya untuk anda, tapi sebelumnya ada baiknya anda pahami dulu bagaimana cara kerja dari resep madu diet ini 

Kayu Manis - Kayu manis memiliki manfaat untuk menjaga kadar gula dengan baik, serta mencegah penumpukan lemak dalam tubuh. 

Kayu manis juga memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan menurukan kolestrol, dua item yang harus anda perhatikan dalam agar program diet anda berhasil.

Kunyit - Kunyit memiliki senyawa bernama kurkumin yang memiliki peran penting untuk menghambat proses pembelahan sel lemak. Selain itu Kunyit dapat meningkatkan metabolisme dan membantu proses pembakaran kalori dalam tubuh.

Bawang Putih - Bawang putih mengandung senyawa allicin yang dapat menekan nafsu makan. Bawang putih juga bawang putih mampu menstimulasi syaraf yang mereproduksi hormon adrenalin. 

Hormon ini bisa mengatur peningkatan metabolisme tubuh. Sehingga meskipun sedang diet, metabolisme tubuh tetap terjaga. (Penjabaran lebih lengkap silahkan baca :  Manfaat dan cara diet dengan bawang putih ).

Aloe Vera : Aloe vera memiliki banyak manfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Aloe vera atau lidah buaya juga mengandun enzim aloin yang berfungsi sebagai detoksifikasi yang membantu membuang racun dalam tubuh. Lidah buaya juga sangat baik sebagai antioksidan bagi tubuh. (Penjelasan lengkap silahkan baca manfaat lidah buaya untuk diet )

Cuka apel Cuka apel dapat mengontrol nafsu makan, kandungan pectin dalam cuka apel dapat mempercepat pembakaran lemak.

Jahe : Jahe membantu Anda mengontrol nafsu makan lebih baik, selain itu jahe juga meningkatkan efek thermal tubuh, memperkuat fungsi metabolisme, sebagai detoksifikasi dan meningkatkan proses pembakaran lemak.

Resep Diet Madu


Resep Diet Madu

Berikut ini beberapa resep diet dengan madu :

1. Resep Diet Madu dan Kayu Manis

  1. Rebus 1 cangkir air, dan tambahkan 2 buah (1 inci masing-masing) kayu manis di dalamnya. 
  2. Biarkan mendidih selama 15 menit. 
  3. Angkat dan saring airnya kedalam cangkir biarkan dingin sampai suam-suam kuku. 
  4. Tambahkan 1 sendok teh madu dan aduk rata. 
  5. Konsumsi setiap hari. 

2. Resep Diet Madu dan Kunyit

  1. Campurkan 1 sendok teh madu, masing-masing 2 gram bubuk kunyit dan bubuk jahe. 
  2. Tuang campuran ini ke segelas air hangat 
  3. dan konsumsi setiap hari dengan saat perut kosong

3. Resep Diet Madu dan Bawang Putih

  1. Ambil beberapa biji secukupnya, lalu parut bawang putih yang ditempatkan di mangkuk.
  2. Masukan air panas dalam mangkuk yang sudah ada parutan bawang putih tadi, setelah itutuangkan madu secukupnya. Jika anda kurang suka aroma dari bawang putih anda bisa diamkan beberapa saat dulu sampai bau yang ada pada bawang putih sudah tidak tercium. lalu barulah anda minum.
  3. Minum 2 kali dalam seminggu akan mendapatkan hasil yang maksimal, 
Selain itu anda juga bisa membuat resep madu dan dan bawang putih dengan campuran cuka apel
Caranya : Pastikan anda sudah membuat jus bawang putih terlebih dahulu, setelah itu tambahkan 1 sendok teh madu dan sari cuka. Konsumsi minuman ini setiap pagi sebelum sarapan

4. Resep Diet Madu dan Aloe Vera (Lidah Buaya)

  1. Sendok gel dari daun lidah buaya. 
  2. Campur 2 sendok makan gel lidah buaya dan 1 sendok makan madu. (Atau campurkan 1 sdm madu ke segelas jus lidah buaya)
  3. Konsumsilah setiap hari dengan perut kosong. 

5. Resep Diet Madu dan Cuka Apel


Resep 1 :
  1. Campurkan 1 sendok makan cuka apel dan madu. 
  2. Konsumsilah sebelum tidur. 
  3. Atau Anda juga dapat menambahkan campuran ini ke segelas jus anggur segar atau air hangat lalu konsumsi.
Resep 2 :
  1. Campur 2 sendok teh setiap cuka sari apel, madu, 1 sendok teh jus bawang putih, sejumput cabe rawit dan 2 sendok makan jus lemon dalam segelas air. 
  2. Konsumsi sebelum makan.

6. Resep Diet Madu dan Jahe


Ada dua resep madu dan jahe yang dapat anda coba, yaitu dengan lemon dan Cuka Apel.

Resep 1 : Madu + Jahe + Lemon
  1. Rebus 4 gelas air hingga mendidih
  2. Masukkan jahe yang telah di kupas dan dipotong kecil, jangan lupa bersihkan terlebih dahulu
  3. Setelah rebusan matang, angkat dan diamkan hingga suam-suam kuku, lalu tuang kedalam segelas cangkir
  4. Campurkan dengan 1 sendok makan madu dan 1 sendok makan perasan lemon
  5. Aduh rata, dan siap diminum
  6. Konsumsi 2 kali sehari, pagi dan malam sebelum anda tidur
Resep 2 : Madu + Jahe + Cuka Apel 
  1. Ambil buah jahe dan tumbuk dan peras airnya
  2. campurkan 1 sendok teh madu dan 1 sendok cuka apel
  3. Campurkan semua bahan tadi kedalam satu gelas air hangat
  4. Minum setiap hari saat perut masih kosong
Selain dengan membuat minuman diet dengan madu dan bahan-bahan alami yang telah disebutkan diatas, anda bisa melakukan diet madu dengan cara lain yaitu :

Memasukkan Madu ke Dalam Menu Makanan dan Camilan


Cara kedua adalah dengan memasukkan madu kedalam menu makanan anda, anda bisa mengonsumsi madu dan mencampurnya dengan beberapa menu makanan berikut ini :

7. Resep Madu dan Yoghurt


Jika Anda ingin memasukkan madu ke dalam makanan Anda, tambahkan satu sendok teh madu ke yogurt rendah lemak, ini akan menjadi menu sarapan diet yang baik anda konsumsi sebelum memulai aktivitas.

Yoghrut sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu mengkonsumsi yogurt rendah lemak 3 kali sehari selama 3 bulan dapat mengurangi akumulasi lemak di bagian perut dan menurunkan gula dalam darah.  


8. Madu dan Oatmeal 


Selain yogurt, anda juga bisa mengkonsumsi madu dan oatmeal saat sarapan. tambahkan satu sendok makan madu alami ke dalam satu mangkuk oatmeal.
Oatmal kaya akan serat yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan tubuh anda.


9. Madu dan Roti Panggang


Jika anda terbiasa sarapan dengan roti panggang, anda bisa mencoba mencampurnya dengan madu. Tambahkan 1 sendok teh madu dan 1 sendok selai kacang lalu oleskan merata pada roti panggang anda.

BACA JUGA Jamu pelangsing badan

10. Madu dan Salad Buah


Madu adalah pemanis alami. Tambahkan satu sendok teh madu ke semangkuk salad buah dan kemudian simpan sebagai camilan. Ini adalah salah satu camilan sehat terbaik yang tidak hanya membuat Anda kenyang tetapi pada saat yang sama membantu dalam penurunan berat badan.

Metode Diet Dengan Madu Dengan Pemijatan 


metode pijat menggunakan madu untuk membakar lemak

Menjalankan diet dengan madu tidak hanya sebatas menjadikannya sebagai pelengkap menu makanan dan minuman diet saja.

Anda bisa mencoba pemijatan. Cobalah metode pijat menggunakan madu untuk membakar lemak.

Disclaimer : Jika Anda hamil atau memiliki varises pada kulit maka hindari pijat di bawah ini.

Teknik Pijat Pertama : Madu dan Krim Asam

Campurkan  1/2 sendok teh masing-masing madu, krim asam dan bubuk kunyit.
Pijat di area berlemak selama 10 menit.
Biarkan  selama 15 menit dan bilas dengan air hangat kemudian akhiri dengan air dingin.
Ulangi satu kali dalam seminggu.

Teknik Pijat Kedua: Madu dengan lemon dan minyak zaitun

Campurkan 3 sendok teh madu, beberapa tetes  jus lemon dan minyak zaitun.
Oleskan campuran ini di area yang berlemak dan pijat selama 5 menit.
Biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat akhiri dengan air dingin.

Ulangi 2 kali per hari untuk hasil yang lebih baik.

Teknik Pijat Kedua: Madu dengan dengan Kopi 
​​
Tambahkan 2 sendok teh butiran kopi ke 1 sendok makan madu.
Pijat campuran pada area lemak bersih selama 15 menit.
Biarkan selama 20 menit. , kemudian Mandi sepertia biasanya.
Ulangi 3 kali seminggu.

Itulah penjabaran mengenai beberapa metode yang dapat anda lakukan diet dengan madu.

Di bawah ini kami juga sertakan beberapa poin yang harus anda lakukan jika ingin diet dengan madu ini berhasil.

Ganti gula dengan madu : jangan pakai gula untuk setiap makanan anda, gunakan madu dalam teh,kopi dan sereal anda.

Jauh junk food : Tidak ada gunanya anda bersusah payah diet jika anda masih saja mengkonsumsi junk food. Hindari makanan ini jika anda ingin berhasil dengan diet madu.

Pilih karbohidrat yang tidak dimurnikan : Tepung putih murni,pasta putih dan nasi putih dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Pilih tepung gandum sebagai gantinya, karena dapat memaksimalkan pencernaan anda dan membuat anda kenyang lebih lama.

Konsumsi protein : Pastikan anda makan cukup protein setiap kali anda makan agar menghindari kenaikan gula darah anda. ( Terkait : 6 Jenis Sayuran Berprotein Tinggi Yang Cocok Untuk Menu Dietmu)

Cermat Memilih Buah ; Buah-buahan adalah menu diet yang baik, tapi saat anda menjalakan diet madu maka cermatlah memilih buah, hindari buah yang mengandung kadar gula tinggi, anda bisa mencoba buah berri atau rhubarb

Hindari kentang : Kentang dapat meningkatkan insulin tubuh anda. Saat diet madu maka hindari makan kentang, apapun jenisnya baik mentah maupun yang di panggang.

Batasi Konsumsi Madu : Terlalu banyak mengonsumsi madu juga dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi, kadar insulin jadi batasi konsumsi Anda menjadi 6 sendok makan per hari.

Tetap bergerak : Berjalan cepat setidaknya selama 20 - 30 menit atau berolahraga setiap hari sesuai kenyamanan Anda

Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum diet menggunakan madu.

Itulah beberapa ulasan mengenai cara diet madu yang bisa anda jadikan alternatif untuk menurunkan berat badan, kami berharap informasi ini bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba

Loading...