7 Jamu Terbaik Mengurangi Nafsu Makan, Cocok Untuk Diet !!!


Loading...
Artikel kali ini akan membahas mengenai ragam jamu yang dapat mengurangi nafsu makan. Jamu sudah dikenal sebagai salah satu resep pelangsing badan yang terkenal ampuh dan sudah sejak lama digunakan sebagai ramuan tradisional untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan perut.

Jamu Mengurangi Nafsu Makan

Saat anda menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, tentu saja anda dituntut untuk mengurangi nafsu makan bukan? Sebab jika tidak, tentu saja usaha anda untuk memangkas tumpukan lemak berlebih dari dalam tubuh sulit untuk berhasil.

Nah salah satu cara mengurangi nafsu makan saat diet yang dapat anda lakukan adalah dengan mengkosumsi minuman pengurang nafsu makan, salah satunya dengan jamu. Meskipun banyak orang yang enggan untuk minum jamu karena rasanya yang cenderung pahit, namun percayalah jika ramuan yang satu ini memiliki banyak khasiat untuk tubuh anda.

Terkait : 7 Jus Diet Terbaik

Ada beberapa jenis jamu yang dapat anda konsumsi untuk mengurangi nafsu makan dan dapat minum menemani aktivitas dari program diet yang anda jalankan, berikut ini beberapa diantaranya.

7 Resep Jamu Untuk Merampingkan Tubuh

Beberapa jenis jamu yang kami hadirkan dalam tulisan ini adalah jamu yang yang diekstrak dari rempah-rempah seperti kunyit,kencur,jahe yang dikombinasikan dengan beberapa bahan lain untuk memaksimalkan kinerjanya untuk mengurangi nafsu makan.

Artikel terkait : 10 Minuman Pelangsing Perut

1. Jamu Kunyit Asam

Bagi anda yang sudah sangat familiar dengan jamu, tentu saja sudah tidak asing lagi dengan jamu kunyit asam. Jamu kunyit asam bahkan menjadi primadona sebagai jus pelangsing yang paling banyak digunakan dalam rangkaian  cara diet alami tanpa obat 

minuman pengurang nafsu makan

Beberapa manfaat jamu kunyit asam yang paling banyak diketahui adalah dapat melancarkan metabolisme tubuh dan tentu saja dapat mengurangi nafsu makan. [Baca juga : Aturan minum jamu kunyit asam untuk diet]

Selain itu jamu kunyit sama juga dapat membantu pembakaran lemak dan bekerja sangat baik untuk mendetoksifikasi racun dalam tubuh.

Cara membuat ramun kunyit asam untuk menurunkan berat badan

Sebagai salah satu resep pelangsing badan yang cukup populer, membuat jamu kuyit asam tidaklah sulit, bahan-bahan yang diperlukan adalah :

1. 100 gram gulan jawa
2. 50 gram kunyit
3. 50 gram asam jawa
4. 300 ml air, dan
5. Potongan es batu

Cara pembuatan :

1. Terlebih dahulu kupas kunyit lalu bersihkan dengan air.
2. Setelah bersih blender kunyit dengan air.
3. Setelah halus, masukkan kunyit bersama dengan asam jawa,gula dan air kedalam panci.
4. Rebus hingga mendidih,lalu angkat dan saring
5. Tambahkan sedikit potongan es batu lalu sajikan.

2. Jamu Beras Kencur

Jenis jamu mengurangi nafsu makan yang kedua adalah jamu beras kencur. Kencur menjadi salah satu jamu yang banyak dimanfaatkan sebagai minuman kesehatan. Manfaat yang terkandung dalam kencur dapat dimanfaatkan untuk mengecilkan perut buncit.

Jamu Beras Kencur Mengurangi Nafsu Makan

Saat diet, anda dapat menjadikan jamu beras kencur untuk membantu anda mengendalikan dan mengurangi nafsu makan. Untuk membuat jamu beras kencur, cukup mudah :

1. Bersihkan kencur secukupnya
2. Lalu campurkan dengan beras satu genggam,sedikit gula pasir dan asam secukupnya
3. Bahan-bahan tersebut kemudian ditumbuk hingga halus
2. Seduh dengan air panas
4. Lalu saring airnya. 

Anda dapat mengkonsumsi jamu beras kencur ini secara rutin  untuk mengecilkan perut buncit anda.

3. Jahe dan Lemon


Ramuan alami untuk mengurangi nafsu makan berikutnya adalah campuran air rebusan jahe dengan perasan lemon. Kombinasi keduanya akan membantu anda mengurangi nafsu makan, membantu pembakaran lemak dan meningkatkan metabolsime tubuh anda.

Cukup siapkan 2-3 siung jahe kemudian didihkan dengan satu setengah air lalu tunggu sampau airnya menyusut sampai terisia satu gelas saja.

Saring air rebusan jahe tersebut kedalam gelas lalu campurkan 1 sendok perasan air lemon.

Minum 1-2 kali sehari , pagi dan malam hari.

Jika rasanya kurang manis anda dapat menambahkan madu sebagai pengganti gula.

4. Jamu daun Jati Cina


Resep pelangsing tubuh berikut nya adalaj jamu jati cina. Ramuan jati cina sendiri lebih banyak di buat menjadi teh pelangsing perut buncit.

Meskipun masih banyak perdebatan seputar minum teh jati cina untuk diet ini, namun dari pengalaman orang yang mengkonsumsi jati cina saat diet mengatakan jika ramua ini cukup efektif mengurangi nafsu makan mereka.

Jika anda tertarik minum jamu jati cina untuk menurunkan berat badan, beberapa catatan penting yang perlu anda pertimbangakan :

1. Daun jati cina mengandung sennosida, zat yang bekerja mengiritasi lapisan usus sehingga menimbulkan efek pencahar.

2. Karena efek yang keras, maka sangat dianjurkan agar minum jamu daun jati cina tidak tidak lebih dari 2 minggu, karena dalam jangka waktu panjang dikhawatirkan dapat mengganggu fungsi pencernaan dan ketergantungan sebagai obat pencahar.

3. Dosis yang masih dianggap aman untuk dikonsumsi adalah sekitar 17-28 mg per hari, yang mana dikonsumsi dengan pembagian 2 dosis (berarti sekali minum ialah 8,5-14 mg). Dosis lebih dari 34,4 mg tidak dianjurkan.

4. Tidak disarankan minum teh daun jati cina apabila sedang haid, alasannya kebanyakan wanita mengalami PMS syndrom dengan perut kembung, otot perut terasa kencang, apabila anda minum teh daun jati cina akan menambah ketidaknyamanan anda dalam masa menstruasi

5. Apabila anda mengalami BAB yang berlebihan , sebaiknya hentikan atau kurangi dosis pemakaian.


Cara Penyajian Jamu Daun Jati Cina:

1. Ambil 1 sendok teh daun jati cina dan masukkan ke dalam gelas.

2. Tuangi dengan air panas.

3. Biarkan larut beberapa menit hingga terlihat warna kecoklatan.

4. Kemudian saring dan airnya siap diminum.

5. Bisa juga direbus dengan air 500ml hingga mendidih dan tersisa 250ml.

6. Konsumsi 1x sehari selama seminggu pertama.

7. Setelah satu minggu masa penyesuaian Anda bisa meningkatkan dosis 2x sehari.

8. Untuk hasil yang optimal, kurangi makanan berlemak dan berolah-raga.

5. Jamu Bawang Putih 

Ada dua cara untuk memanfaatkan bawang putih sebagai jamu pelangsing untuk mengurangi nafsu makan. Yang pertama yakni bawang putih dengan lemon dan yang kedua bawang dengan Jeruk Nipis.

Bawang putih mengandung senyawa bernama allicin yang dapat mengurangi nafsu makan. jeruk nipis sangat baik untuk membantu pencernaan dan membantu proses pembakaran lemak.

Sementara lemon memiliki manfaat untuk mendetoksifikasi tubuh, lebih lengkap mengenai proses pembuatannya silahkan baca cara membuat jus bawang putih untuk diet

6. Jamu Galian Singset


Jamu ini merupakan sebutan jamu pelangsing badan oleh orang-orang jawa. Jamu galian singset ini pada dasarnya dibuat dari campuran bahan-bahan herbal seperti temulawak,daun jati belanda, dan kuning telur.

Semua bahan tersebut dicampur menjadi satu lalu direbus kemudian air rebusannya diminum sebagai jamu pengurang nafsu makan.

Beberapa orang yang tidak cukup kuat dengan rasa dari jamu galian singset ini, menambahkan madu untuk menambah rasa manis.

7.  Bungan Safron


Saffron merupakan tumbuhan atau rempah-rempah yang saat ini cukup popular dan memiliki harga yang cukup mahal. Saffron yang berasal dari tumbuhan Crocus Sativus ini membuat rasa masakan lezat.

Jamu Mengurangi Nafsu Makan Dari Bunga Safron
Bunga Safron

Saffron tak hanya di manfaatkan sebagai bumbu masakan saja tetapi juga sangat baik untuk kesehatan termasuk juga untuk menurunkan berat badan.

Dalam sebuah penelitian di Malaysia, yang meneliti peserta perempuan yang rutin minum jamu safron dalan bentuk kapsul selama 2 kali sehari selama rentang 2 bulan mengalami penurunan berat badan yang cukup signifikan.

Peneliti menyimpulkan bahwa ramuan ini dapat membantu mengobati obesitas dengan menekan nafsu makan dan meningkatkan penurunan berat badan.

Terkait : Cara membuat jamu pelangsing sendiri

Itulah beberapa jenis jamu pelangsing yang dapat anda manfaatkan sebagai minuman untuk mengurangi nafsu makan. Semoga bermanfaat.

Loading...