Inilah 5 Manfaat Teh Hijau Untuk Diet Yang Wajib Kamu Tau !!!


Loading...

Bagaimana Teh Hijau Dapat Membantu Anda Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Teh hijau adalah satu satu minuman terbaik yang sudah dikenal sejak dulu yang memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Teh hijau diklaim sebagai salah satu minuman diet terbaik karena dapat membantu pembakaran lemak dan menurunkan berat badan.

Manfaat teh hijau untuk diet

Berikut ini akan kami jelaskan 6 manfaat teh hijau untuk diet dan bagaimana cara kerjanya untuk membantu program diet anda.

1. Teh Hijau Mengandung Banyak Zat Yang Ampuh Membakar Lemak 


Teh hijau bukanlah sekedar minuman yang kerap disajikan disaat menemani waktu senggang.

Teh hijau mengandung begitu banyak zat bioaktif yang larut bersama dengan secangkir air panas. Saat anda minum secangkir teh hijau yang berkualitas, secara tidak sengaja anda sebenarnya mendapatkan manfaat besar dari zat bioaktif tersebut untuk tubuh anda.

Yang paling terkenal adalah kaffein, ya.. dalam secangkir teh hijau setidaknya mengandung kafein (24-40mg) yang jumlah jauh lebih sedikit dari kopi (100-200 mg). Meskipun sedikit kaffein dalam teh hijau tetap memiliki efek yang baik untuk membantu pembakaran lemak. (baca juga : tips diet dengan kopi)

Dalam berbagai penelitian mengenai manfaat kaffein untuk diet telah disebutkan jika kafein bisa menyatukan kemampuan berpikir seseorang dan kemampuan bekerja keras. Kerja otak dan otot bisa selaras karena keduanya sama-sama memeras energi, yang pada akhirnya membakar lemak. [1]

Selain kafein, teh hijau juga mengandung senyawa bernama catechin [2] dan EGCG (Epigallocatechin gallate). Catechin merupakan zat antioksidan yang sangat baik untuk membantu sistem kekebalan tubuh. Sementara EGCG adalah senyawa penting untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Perlu diingat jika metabolisme tubuh yang baik menjadi salah satu faktor utama yang memegang peranan penting untuk meningkatkan proses pembakaran lemak menjadi semakin makin maksimal. Olehnya itu menjaga metabolisme tubuh saat diet wajib anda lakukan.

2. Teh Hijau Dapat Membantu Memobilisasi Lemak Dari Sel Lemak


Untuk membakar lemak, pertama-tama harus dipecah dalam sel lemak dan dipindahkan ke aliran darah. 

Senyawa aktif dalam teh hijau dapat membantu dalam proses ini dengan meningkatkan efek dari beberapa hormon pembakar lemak. 

Antioksidan utama dalam teh, EGCG, dapat membantu menghambat enzim yang memecah hormon norepinefrin [5]. 

Ketika enzim ini dihambat, jumlah norepinefrin meningkat [6]. 

Hormon ini digunakan oleh sistem saraf sebagai sinyal ke sel-sel lemak, memberitahu mereka untuk memecah lemak. Oleh karena itu, lebih banyak norepinefrin mengarah ke sinyal yang lebih kuat yang dikirim ke sel lemak dan lebih banyak lemak menjadi rusak. 

Kafein dan EGCG (keduanya ditemukan dalam teh hijau) sebenarnya memiliki efek sinergis, karena kafein meningkatkan langkah lain dalam jalur yang sama [7]. 

Hasil akhirnya adalah bahwa sel lemak memecah lebih banyak lemak, yang dilepaskan ke dalam aliran darah dan menjadi tersedia untuk digunakan sebagai energi oleh sel-sel yang membutuhkannya, seperti sel-sel otot. 

3. Teh Hijau Meningkatkan Pembakaran Lemak, Terutama Selama Latihan 


Jika anda melihat label kemasan dari berbagai suplemen diet, maka anda akan melihat hampir semuanya memasukkan ektrak teh hijau sebagai bahan. (baca juga : minuman pelangsing badan selain teh hijau)

pengalaman diet teh hijau

Hal ini disebabkan karena teh hijau telah memiliki efek yang baik untuk meningkatkan pembakaran lemak, terutama saat berolahraga. 

Dalam sebuah penelitian, pengalaman pria yang mengambil ekstrak teh hijau dan berolahraga membakar 17% lebih banyak lemak daripada pria yang tidak minum teh hijau. Studi ini menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan efek pembakaran lemak dari latihan (8). 

Penelitian lain juga menyebutkan jika Teh hijau secara selektif meningkatkan pembakaran lemak, yang dapat menyebabkan berkurangnya lemak tubuh dalam jangka panjang (9, 10).

4. Teh Hijau Dapat Meningkatkan Metabolisme Dan Membuat Anda Membakar Lebih Banyak Kalori Dalam Satu Jam


Tubuh manusia terus membakar kalori. 

Bahkan ketika tidur atau duduk, sel-sel kita melakukan miliaran fungsi yang membutuhkan energi. 

Beberapa studi menunjukkan bahwa teh hijau dapat membuat kita membakar lebih banyak kalori, bahkan saat istirahat. 

Dalam satu studi terhadap 60 individu obesitas, kelompok yang mengonsumsi ekstrak teh hijau kehilangan 7,3 lbs (3,3 kg) dan membakar 183 lebih banyak kalori per hari setelah 3 bulan (11). 
Namun, perlu diingat bahwa tidak semua studi menunjukkan bahwa teh hijau meningkatkan metabolisme. Efeknya mungkin tergantung pada individu (12).

5. Teh Hijau Dapat Menekan Nafsu Makan


Salah satu cara manfaat teh hijau untuk diet dan membantu menurunkan berat badan, adalah dengan mengurangi nafsu makan. 

Dengan begitu kita akan mengurangi lebih banyak kalori dan akan mengurangi asupan lemak dari makanan-makanan yang biasanya anda makan secara berlebihan.

Kesimpulan :

Berbagai penelitian telah banyak mengemukakan tentang manfaat teh hijau untuk diet, namun efeknya cukup sederhana dan tidak dapat anda andalkan memangkas banyak lemak hanya dengan minum teh hijau saja.

Untuk itu selain minum teh hijau saat diet, anda juga perlu mengkombinasikannya dengan strategi menurunkan berat badan yang efektif lainnya seperti membatasi asupan karbohidrat dengan menerapkan pola makan yang benar saat diet.

Itulah sekilas ulasan mengenai manfaat teh hijau untuk diet yang dapat kami sajikan kali ini. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan yang informatif bagi anda, Salam sehat dan mari langsing alami.

Loading...