10 Cara Diet Alami Dalam Waktu Singkat


Loading...
cara menurunkan berat badan 5kg dalam 1 minggu secara alami

Cara Diet Alami Dalam Waktu Singkat  - Apakah anda sedang memikirkan cara menurunkan berat badan dalam waktu singkat, atau malah kepikiran bagaimana sih cara diet sehat alami untuk menurunkan berat badan dalam 1 minggu.

Jika anda membutuhkan informasi seperti ini, silahkan baca terus tulisan ini sampai ke bawah agar kamu benar-benar mendapatkan cara yang benar menurunkan berat badan secara alami yang benar-benar dapat memangkas tumpukan lemak dalam tubuh dan menjadikan tubuh anda langsing dengan cepat.

Menurunkan berat badan secara cepat mungkin sangat sulit dilakukan oleh sebagian orang. Penurunan berat badan 0,5 kg - 1k dalam waktu satu minggu adalah penurunan berat badan yang ideal, aman dan dapat dipertahankan dalam waktu yang lama.

Namun masalahnya bagaimana jik kondisi menuntut anda untuk menurunkan berat badan 5 kg atau bahkan menurunkan berat badan 10kg dalam waktu singkat ? Apakah hal ini bisa di lakukan?

Jawabannya bisa ya dan bisa tidak , itu sangat tergantung dari seberapa besar kemampuan dan tingkat kedispilinan anda menjalankan serangkaian program diet cepat yang memang dirancang untuk membantu anda cepat kurus dalam waktu singkat.

Nah jika anda merasa siap untuk melakukannya maka anda dapat mengikuti panduan cara diet alami dalam waktu singkat  di bawah ini:

1. Cobalah Diet Militer 3 Hari


10 tips menurunkan berat badan secara permanen

Diet militer merupakan salah satu jenis diet yang cepat menurunkan berat badan, diet 3 hari ini pada dasarnya dirancang sebagai cara menurunkan berat badan secara alami dalam 3 hari dengan menerapkan diet rendah kalori dan rendah karbohidrat yang ditujukan untuk meningkatkan laju metabolisme tubuh dengan mengurangi asupan makanan tinggi kalori daan menyingkirkan massa lemak.

Para pelaku diet militer ini menyarankan untuk melakukan rencana diet 3 dengan aturan makan pagi, siang dan malam hari dengan ketat. Lalu kemudian melanjutkan diet normal dengan memangkas 1.500 kalori di 4 hari tersisa.

Lebih lengkap nya anda bisa membaca artikel kami yang membahas secara lengkap mengenai metode diet ini silahkan baca ke sini diet militer 3 hari.

Tipe diet ini sebagai alternatif saja, jika anda kurang percaya diri dan tidak sanggup melakukan diet super ketat dalam 3 hari, maka  anda dapat mencoba melakukan diet satu minggu, Berikut panduannya untuk anda :

2. Mengatur Pola Makan Yang Baik 


cara menurunkan berat badan 10kg

Poin ini adalah poin paling penting dan pondasi utama yang wajib anda lakukan jika ingin menurukan berat badan, tanpa pola makan yang baik maka usaha anda untuk kurus dalam waktu singkat akan menjadi sia-sia.

Lantas bagaimana caranya :

Ada dua cara bagaimana cara mengatur pola makan yang baik saat menjalankan diet, yang pertama adalah mengatahui terlebih dahulu makanan dan minuman yang diajurkan serta yang tidak dianjurkan lalu kemudian menerapkannya dalam menu keseharian. Cara yang kedua adalah dengan menerapak trik makan yang baik saat menjalan diet

Mari kita bahas satu persatu :

3. Makanan yang dianjurkan untuk diet menurunkan berat badan


Berikut makanan yang harus anda konsumsi selama melakukan diet alami dalam waktu singkat ini :

Konsumsi makanan dengan Kandungan Protein yang tinggi 


Salah satu nutrisi penting yang untuk diet adalah protein. Makanan-makanan yang mengandung protein dapat menjadi senjata ampuh untuk membantu anda merasa kenyang lebih lama sepanjang hari dan juga dapat mengurangi nafsu makan anda. Protein juga memiliki peranan yang sangat penting untuk membantu metabolisme tubuh.

Sumber protein tanpa lemak dapat anda dapatkan dari ayam, ikan, tahu, kacang-kacangan dan produk susu rendah lemak. Hadirkan makanan protein ini ke dalam menu makanan anda.

Perbanyak Konsumsi Serat Dari Buah dan Sayuran 


Buah dan sayuran merupakan sumber makanan yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi selama anda menjalankan program diet sehat. Selain itu buah dan sayuran kaya akan serat yang dapat membantu menyingkirkan lemak melalui sistem pencernaan, sehingga lebih sedikit lemak yang diserap ke dalam tubuh 

Mengonsumsi asupan serat yang banyak juga memberikan beragam manfaat untuk tubuh seperti membantu detoksifikasi tubuh, mengendalikan gula darah, memperlambat penyerapan glukosa, dan dapat menurunkan kolesterol, buat anda yang diet serat dapat membantu menurunkan berat badan karena serat juga dapat membantu anda kenyang dalam waktu yang lebih lama. 

Beberap jenis sayuran dianjurkan seperti Selada, mentimun, kubis, seledri, bunga kol, brokoli, dan bayam. dan buah buahan seperti apel, mangga, lemon, semangkab,blackberry,plum, nanas dan stroberi.

Tambahkan Biji-bijian Untuk Ke dalam Menu Makanan Anda


Mengonsumsi sedikit porsi biji-bijian untuk dalam menu makanan akan sangat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dan menyeimbangkan diet anda. 

Beberapa biji-bijian untuk juga kaya akan serat yang dapat membantu anda merasa kenyang dalam waktu yang lama.

Sebagai pilihan anda bisa mencoba beras meras merah, quinoa,farro,havermut dan pasta atau roti dari gandum utuh.  (Baca juga : Resep Roti Gandum Untuk Diet)

4. Makanan Yang Tidak Dianjurkan Saat Diet


Makanan Berlemak Tinggi


Makanan-makanan yang mengandung banyak lemak menjadi wajib untuk anda hindari selama menjalankan diet, beberapa makanan yang dimaksud seperti :

Fast food atau makanan cepat saji seperti kentang goreng ataupun hamburger masuk dalam kriteria ini. Mereka banyak mengandung kalori dan sangat tinggi lemak. Bahkan dalam beberapa studi yang pernah dilakukan terkait kandungan nutrisi dalam makanan cepat saji menemukan jika fast food tidak memiliki nutrisi apapun.

Baca juga : Resep Makanan Sehat Dan Rendah Lemak Untuk Makan Malam

Minuman Bersoda


Jika selama ini anda gemar minum minuman bersoda baik baik botolan ataupun soda kaleng, jika anda benar-benar ingin segera menurunkan berat badan secara cepat, maka hentikan mengkonsumsinya mulai detik ini.

Minuman bersoda mengandung banyak kalori yang dapat meningkatkan obesitas. Selain itu minuman bersoda juga memiliki begitu banyak dampak negatif terhadap tubuh seperti meningkatkan resiko tulang rapuh, diabetes, berbahaya bagi ginjal,kerusakan gigi,dan meningkatkan resiko kanker pankreas.


Es krim


Rasanya memang sangat menyegarkan jika makan es krim, apalagi jika udara sedang panas.

Namun tahukah anda jika es krim memiliki kandungan lemak,gula dan kalori yang cukup tinggi.

Segala jenis Gorengan 


Gorengan yang biasanya di jajakan di pinggir jalan kerap diolah asal-asalan dengan menggunakan minyak yang telah dipakai beberapa kali.

Ini jelas akan memiliki dampak buruk terhadap kesehatan karena terkadang tidak terjamin kebersihannya Selain itu gorengan mengandung lemak tinggi yang jelas akan meningkatkan resiko naiknya berat badan jika di konsumsi secara berlebihan dan akan menggagalkan program diet anda.

Keripik kentang juga perlu anda hindari karena banyak mengandung garam, lemak dan kalori yang tinggi.

Kurangi Konsumsi Garam


Natrium adalah senyawa yang menyimpan air dala tubuh. Membatasi konsumsi natrium(garam) maka sama halnya anda menyingkirkan berat badan akibat air yang tertahan dalam tubuh.

Untuk itu hindari makanan seperti daging olahan, keju, keripik kentang. Hindari juga makanan kaleng termasuk saus karena biasanya makanan yang diawetkan seringkali menggunakan garam sebagai bahan pengawet sehingga mengandung nutrium yang tinggi

Batasan natrium harian yang disarankan adalah 1-1,5 gram per hari.

Kurangi Gula dan Karbohidrat


Pada umumnya makanan-makanan yang mengandung banyak karbohidrat dan gula akan meningkatkan hormon insulin yang bisa menimbun lemak dalam tubuh.

Konsumsi gula dan karbohidrat yang berlebihan juga meningkatkan diabetes dan gangguan ginjal.

Lalu bagaimana dengan nasi putih ?

Anda bisa mengganti nasi putih dengan sumber karbohidrat lain seperti Beras merah karena memiliki banyak serat yang tentu saja dapat membantu anda kenyang lebih lama. 

Beras merah juga  kaya akan vitamin B, minela, zat besi,zinc dan mangan yang mampu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

Itulah makanan dan minuman yang boleh dan tidak boleh anda konsumsi saat menjalan diet alami dalam waktu singkat ini, agar lebih maksimal terapkan pula tips cara makan yang baik saat diet berikut ini :

5. Trik Makan Yang Jitu Saat Diet 


- Awali hari anda dengan sarapan 


Sarapan menjadi sangat penting untuk membantu tubuh anda tetap fit sepanjang hari. Fokuslah untuk sarapan dengan makanan yang mengandung protein tanpa lemak seperti putih telur atau yoghurt rendah lemak. 

Sarapan akan meningkatkanmetabolisme tubuh, membantu anda membakar kalori sepanjang hari dan membuat anda akan merasa kenyang dalam waktu yang lama.

- Makanlah secara perlahan 


Saat anda makan kunyah makanan anda lebih pelan, ini akan memberikan waktu bagi otak anda untuk "berkomunikasi" dengan perut anda dan memberikan isyarat kapan waktu yang tepat untuk anda berhenti makan. 

Mengunyah makanan lebih lama akan membuat anda lebih merasa kenyang. Penelitian menunjukkan bahwa butuh waktu (sekitar 20 menit) agar otak memberi isyarat ke perut bahwa kita kenyang. Hasilnya, kita bisa mengonsumsi makanan sekitar 10% lebih sedikit.

Menurut para ahli di Ohio State University, kita harus mengunyah makanan lembut 5-10 kali dan akan jadi semakin banyak pada makanan padat (daging / sayuran) hingga 30 kali sebelum menelan.

- Hindari Makan Sambil Minum


Minum air putih saat makan dapat menghambat penyerapan nutrisi alami setelah pencernaan. Makan sambil minum juga akan meningkatkan kadar insulin yang justru dapat menyimpan lemak lebih banyak Dianjurkan untuk minum kurang lebih 30 menit setelah makan.

- Jangan Makan Apapun 3 Jam sebelum tidur 


Hindari makan apapun 3 jam sebelum anda tidur. Mengasup makanan sebelum tidur akan menghambat pembakaran kalori yang didapat dari makanan tersebut. Jika sudah begini penimbunan lemak dalam tubuh akan semakin tinggi.

6. Lakukan Olahraga Untuk Membakar Lemak


Seperti jargon sebuah iklan "apapun makanannya, minumnya teh botol sos**.. maka apapun jenis dietnya mngatur pola makan dan melakukan olahraga adalah kunci utama untuk menurukan berat badan secara cepat dan sehat. 

Sebab tidak dapat dipungkiri lagi jika olahraga adalah cara yang paling efektif untuk membakar lemak dan mengikis tumpukan lemak dari dalam tubuh anda.

Jadi buang jauh-jauh pikiran anda untuk menurunkan berat badan tanpa olaharga agar memiliki tubuh yang langsing dan ideal.

Nah olahraga apa saja yang anda butuhkan ? gambar di bawah ini secara jelas memperlihatkan beberapa jenis tipe olahraga dan jumlah kalori yang dapat dibakar.

cara menurunkan berat badan 5kg dalam 1 minggu secara alami

Diurutan 3 terbaik adalah jenis latihan kardiovaskular (lari,lompat tali dan taekwondo)

Jadi jika anda ingin menurunkan berat badan secara cepat maka pilihlah latihan-latihan kardiovaskular kedalam rutinitas aktivitas olahraga anda sehari-hari minimal 70 menit setiap hari.

Tambahkan pula latihan langkat beban dan latihan kekuatan untuk membantu anda membangun otot dan meningkatkan pembakaran lemak. Jangan memaksakan diri melakukan latihan angkat berat secara berlebihan, lakukanlah secara perlahan dan memulainya dengan angkat beban dasar terlebih dahulu.

7. Manfaatkan Ramuan-Ramuan Herbal Untuk Menurunkan Berat Badan


cara menurunkan berat badan dalam seminggu

Salah satu bahan alami yang dapat anda coba adalah teh hijau. Teh hijau mengandung antioksidan dan catechin yang tinggi yang berperan untuk mempercepat pembakaran kalori. Lebih jelas nya ada dapat membaca artikel berikut cara minum teh hijau untuk diet.

Selain teh hijau anda juga dapat membuat jamu sebagai minuman diet anda. Beberapa jenis jamu dapat anda buat sendiri dirumah dengan memanfaatkan bahan dan rempah-rempah seperti kunyit,jahe, madu, jeruk nipis dll sebagainya.

8. Konsumsi Air Putih Yang Cukup


cara menurunkan berat badan alami dalam 1 minggu

Air putih cukup mampu membantu anda menghilankan rasa lapar.

Minum air putih sebelum makan dapat membantu anda untuk mengonsumsi makanan secara berlebiha. 

Minumlah setidak 8-12 gelas air putih sehari.

Untuk menambahkan rasa, hindari pemanis buatan dan ganti saja dengan air hangat yang dikombinasikan dengan lemon.

9. Tidur yang cukup


Milikilah waktu tidur yang cukup setiap hari (7-8 jam). Sebuah penelitian menunjukkan jika orang-orang yang memiliki waktu tidur yang cukup memiliki kemungkinan menurunkan berat badan lebih cepat dibandingkan dengan yang tidak memiliki tidur yang cukup.

Tidur yang cukup akan menurunkan hormon leptin, hormon yang memicu untuk mengonsumsi makanan lebih banyak. 

10. Konsisten dan Displin


Meskipun ini adalah poin yang terakhir bukan berarti tidak penting, justri ini salah satu poin terpenting yang harus anda miliki untuk menurunkan berat badan.

Tanpa sikap disiplin yang anda terapkan dalam menjalankan rutinitas dari program diet yang anda jalankan, maka semuanya akan menjadi sia-sia.

Itulah 10 cara diet alami dalam waktu singkat yang dapat anda coba untuk membantu anda menurunkan berat badan secara cepat. Semoga bermanfaat, selamat mencoba

Loading...