5 Aturan Minum Jamu Kunyit Asam untuk Diet


Loading...

Aturan Minum Jamu Kunyit Asam untuk Diet

aturan minum jamu kunyit asam untuk diet

Jamu kunyit asam saat ini memang dikenal sebagai salah satu jamu pelangsing yang banyak digunakan untuk menurunkan berat badan. Jamu tradisional yang satu ini sudah sejak dulu digunakan sebagai minuman jamu untuk mengecilkan perut dan jamu penurun nafsu makan sehingga banyak digunakan oleh orang-orang yang bermasalah dengan berat badan mereka.

Namun sebelum anda memutuskan untuk membuat jamu kunyit asam sebagai ramuan alami untuk menurunkan berat badan anda, ada beberapa aturan dan tata cara minum jamu kunyit asam yang perlu anda pertimbangkan.

Jika anda memutuskan untuk melakukan diet menggunakan jamu kunyit asam, tentunya anda perlu mengetahui bagaimana cara membuat jamu kunyit asam sebagai minuman diet serta apa saja aturan aturan dan tata cara minum jamu kunyit asam yang perlu anda pertimbangkan. Berikut kami paparkan satu persatu :

1. Tidak disarankan bagi anda memiliki riwayat gangguan lambung 

Ekstrak kunyit yang terdapat dalam jamu kunyit asam ini memiliki rasa yang panas dan pedas. Mengonsumsi kunyit setiap hari akan berefek pada meningkatnya produksi asam lambung bahkan efeknya akan semakin berbahaya dan mengakibatkan hiper keasaman lambung,maag akut serta refluks asam.

2. Menimbukan kelainan fungsi hati.

Perlu anda ketahui jika mengonsumsi kunyit secara berlebihan dan dalam dosis yang tinggi justru akan memberikan dampak buruk bagi fungsi hati dan empedu.

3. Menimbulkan Anemia

Terlalu banyak asupan kunyit dalam bentuk apapun, baik itu jamu, ekstrak atau pil, bisa menghancurkan leukosit (sel darah merah) dan eritrosit (sel darah putih). Karena sel-sel darah merah berkurang jumlahnya, ada kemungkinan bahwa individu mungkin menderita anemia.

4. Menimbukan mual,muntah dan diare.

Efek samping yang diakibatkan dari konsumsi kunyit setiap hari adalah menimbulkan mual, diare dan muntah kehilangan nafsu makan dan juga kelelahan.

5. Meningkatkan risiko tertular hyperoxaluria.

Asupan tinggi ekstrak kunyit dapat meningkatkan risiko tertular hyperoxaluria, suatu kondisi yang menyebabkan ekskresi batu oksalat berlebih. Hal ini juga dapat membuat orang lebih rentan terhadap batu ginjal kalsium oksalat.

Baca juga : 6 Jus Diet Untuk Malam Hari Yang Ampuh Pangkas Lemak Lebih Banyak

Tips Minum Jamu Kunyit Asam Untuk Diet


Saat menjalan diet, minum jamu kunyit asam disarankan sesuai dosis dan takaran yang aman penggunaannya. Jangan berlebihan mengkonsumsinya jika anda tidak ingin mengalami efek samping dari kunyit ini.

Dosis harian yang disarankan adalah pada kisaran 200mg perhari atau satu sendok teh perhari dan minum setelah makan.

Jika anda mengkosumsi produk kunyit tertentu, pastikan produk itu terdaftar di Depkes dan BPOM.

Jika anda memilih untuk mengoknsumsi kunyit yang diolah secara tradisional atau anda memilih membuat jamu pelangsing sendiri maka pastikan anda memilih kunyit yang benar-benar segar. Hindari kunyit yang umbinya sudah mulai rusak (busuk). Pilihlah umbi kunyit yang yang tua, besar dan keras. Ciri-ciri kunyit yang bagus dapat di lihat dari warnanya yang kuning pekat dan memiliki aroma khas kunyit yang masih segar.

Selain itu pastikan membuat jamu kunyit asam ini dengan mengolahnya secara higienis untuk mencegah resiko kontaminasi penyakit.

Resep Jamu Kunyit Asam 


Berikut 2 resep jamu kunyit asam yang layak anda coba :

1. Resep Jamu kunyit asam dingin

Bahan yang dibutuhkan :

- 50 gram kunyit
- 50 gram asam jawa
- 100 gram gula jawa
- 300 ml air
- es batu

Cara membuat :

- Kupas dan cuci kunyit menggunakan air mengalir hingga bersih.
- Masukkan kedalam blender dan prose dengan air.
- Setelah halus, masukkan kunyit yang sudah diblender bersama dengan gula, asam jawa dan air ke dalam panci.
- Kemudian rebus hingga mendidih
- Angkat kemudian saring dan tuang ke dalam gelas dan sajikan bersama dengan es batu.

2. Jamu Kunyit Asam + Daun Jati Belanda

Bahan :

1 ½  gram daun jati belanda kering
1 ½  gram kunyit kering
2 ½  gram kayu repet kering
2 ½  gram kunci pepet kering
2 gelas air

Cara membuat :

Semua bahan di campur dalam 2 gelas air. Rebus hingga mendidih sampai air rebusannya menyisakan setengahya saja.

Setelah itu tuang ke dalam cangkir dan siap di sajikan. Minum dua kali sehari setengah gelas sebelum makan dan setengah gelas lagi 2-4 jam setelah makan.

Semoga tulisan mengenai aturan minum jamu kunyit asam untuk diet ini dapat memberikan manfaat dan tambahan informasi bagi anda yang ingin menurunkan berat badan secara alami dengan mengambil manfaat dan khasiat jamu kunyit asam.

Loading...