Metode Diet Dengan Jeruk Nipis Yang Teruji Menurunkan Berat Badan


Loading...
Diet dengan jeruk nipis telah banyak dilakukan oleh orang sebagai salah satu cara menurunkan berat badan. Ada begitu banyak pengalaman dan testimoni dari penggunanya yang berhasil memangkas lemak dengan memasukkan jeruk nipis ke dalam menu diet sehari-sehari.
diet jeruk nipis sebelum tidur

Seperti halnya dengan jeruk lemon, jeruk nipis kaya akan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai anti jamur, antibakteri dan antivirus alami.

Nah jika selama ini anda telah melakukan diet ketat tapi belum juga memberikan hasil yang signifikan, maka tidak ada salahnya anda mencoba melakukan diet dengan menggunakan jeruk nipis ini. (Terkait : Inilah Penyebab Lingkar Pinggang Anda Semakin Membesar )

Diet Jeruk Nipis dan Manfaatnya Untuk Menurunkan Berat Badan


Jeruk nipis memiliki kemampuan untuk menurunkan berat badan secara alami karena kandungan kalorinya cukup rendah, dalam satu gelas jeruk nipis hanya mengandung setidaknya 11 kalori saja. Tentu saja kandungan kalori ini menjadikan jeruk nipis menjadi salah satu minuman diet yang disarankan untuk dikonsumsi saat anda menjalankan program diet melangsingkan tubuh.

Dari sebuah studi yang diterbitkan Nutrition and Metabolisme tahun 2016 mengungkapkan jika jeruk nipis mengandung vitamin C yang cukup tinggi yang berguna sebagai antioksidan yang dapat membantu penyerapan kalsium dan sel lemak dalam tubuh.

Vitamin C dalam jeruk nipis termasuk vitamin C kompleks yang sangat dibutuhkan dalam proses sintesis carnitin (moleku kecil dalam tubuh) yang memiliki fungsi untuk membantu proses tranportasi lemak yang kemudian di konversi menjadi energi.

Ketika tubuh sedang beraktivitas maka peranan vitamin C ini akan membantu meningkatkan sistem imun dan meningkatkan proses pembakaran lemak.

Ketika proses konversi lemak ini menjadi energi sedang bekerja , maka di situlah terjadi penguraian tumpukan lemak yang tidak sedikit di dalam tubuh.

Selain vitamin c, jeruk nipis juga mengandung asam yang baik yang dapat membantu sistem pencernaan dan membantu proses BAB, sehingga penumpukan sisa makanan di dalam usus dapat ditekan sebanyak mungkin.

Jeruk nipis juga sangat disarankan sebagai minuman detoks. Campuran air perasaan jeruk nipis dan air putih meningkatkan proses deoksifikasi yang secara efektif dapat membersihkan liver, dan juga memurnikan darah. (Terkait : 4 Jenis Vitamin dan Mineral Yang Anda Butuhkan Saat Diet)

Lantas apakah hanya dengan minum air perasan jeruk nipis sudah cukup untuk menurunkan berat badan?

Pada dasarnya tidak seperti itu, para pakar kesehatan dan praktisi diet mengatakan jika tidak ada banyak faktor penentu seseorang agar berhasil menurunkan berat badan. Tidak ada satupun makanan dan minuman yang apabila di konsumsi sendirian menurunkan berat badan secara instan.

Untuk itu perlu jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari diet jeruk nipis ini maka mau tidak mau anda harus mampu mengatur pola makan serta melakukan aktivitas secara rutin. 

Aturan Diet dengan Jeruk Nipis


diet dengan jeruk nipis turun berapa kilo

Sebelum melakukan diet dengan jeruk nipis ini, perlu kiranya anda pahami beberapa aturan penting yang perlu anda tahu mengenai bagaimana cara diet jeruk nipis yang aman dan sehat

1. Pastikan jika anda tidak memilki keluhan terhadap lambung anda 

Apakah anda memiliki riwayat penyakit maag? atau penyakit lain yang terkait dengan lambung?. Jika anda memilki riwayat yang seperti ini ada baiknya untuk tidak melakukan diet dengan jeruk nipis. mengapa ?

Karena kandungan asam yang terdapat daam jeruk nipis terbilang cukup tinggi yang tentunya akan meningkatkan penyakit lambung.

2. Jangan asal pilih jeruk nipis

Disarankan untuk memilih jeruk nipis matang dan menghindari jeruk nipis yang terlalu muda. Jeruk nipis matang memiliki kandungan nutrisi yang lebih lengkap dibandingkan jeruk nipis muda.

3. Perbanyak Minum air putih, dan konsumsi 200- 500 ml air 15-30 menit sebelum makan.

Minum air putih sebelum makan besar, akan membantu anda kenyang lebih cepat sehingga sehingga anda tidak melahap makanan secara berlebihan.

Saat anda makan hindari minum apapun, jikalaupun anda merasa haus minum saja sedikt air putih atau teh hangat.

4. Perbanyak makan buah dan sayuran.

Konsumsi pula makanan yang segar dengan kualitas yang baik,kaya akan protein, mengandung lemak sehat dan tanpa lemak. Anda bisa mencoba alpukat, minyak zaitun, salmon, kacang dan biji-bijian.

5. Jauhi semua minuman kemasan,alkohol dan minuman manis seperti soda, jus (kecuali anda membuat jus diet sendiri) dan latte.

6. Hindari makanan yang mengandung zat tepung seperti pasta, keripiki,kue,roti dan sebagainya.

7. Rutin melakukan aktivitas olahraga untuk membantu pembakaran lemak semakin cepat seminim-minimnya 15 menit setiap hari. (Terkait : 4 Kesalahan Olahraga Yang Sering Dilakukan Saat Diet)

Beberapa tips diet dengan jeruk nipis dengan menggabungkan jeruk nipis dan bahan alami lainnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Diet jeruk nipis dan jahe


diet dengan jeruk nipis dan jahe


Anda juga bisa menambahkan perasan jahe bersama dengan air jeruk nipis yang bisa anda minum sebelum tidur. Resep jahe dan jeruk nipis untuk diet ini cukup efektif untuk meningkat metabolisme tubuh di malam hari. 

Caranya cukup mudah: anda hanya perlu menyiapkan 2-3 buah jeruk nipis yang sudah diperas dan 1 buah jahe yang telah ditumbuh halus. Masukkan kedalam secangkir gelas lalu seduh dengan air mendidih. Anda juga dapat menambahkan madu dan kayu manis untuk menciptakan rasa manis. (Baca juga : 10+ Cara Diet Madu Yang Telah Teruji Menurunkan Berat Badan )

Diet dengan jeruk nipis sereh dan teh


Selain dengan jahe anda juga dapat membuat ramuan jeruk nipis yang dikombinasikan dengan sereh dan teh. 

Minuman pelangsing yang satu ini sangat diminum bagi anda ibu yang menyusui dan ingin menurunkan berat badan. (Terkait : Cara cepat kurus saat menyusui)

Resep jeruk nipis, sereh dan teh ini dapat anda lihat melalui video di bawah ini :


Selain 2 cara di atas anda juga bisa menggunakan jeruk nipis sebagai :

Infused lime water


ika anda sibuk dan tidak memiliki waktu untuk membuat perasan jeruk nipis, maka buat saja Infused lime water, caranya cukup mudah karena anda hanya sisa memotong kecil-kecil buah jeruk nipis lalu masukkan ke dalam botol minuman anda, cukup praktis dan bisa anda bawa kemana saja saat bepergian.

Topping atau campuran pada makanan


Selain dapat dimunum, air perasan jeruk nipis juga bisa anda gunakan sebagai topping atau campuran bumbu pada masakan seperti, sup, kuah pada bakso, steak dan menu salad.

Sajikan bersama susu rendah lemak


Anda juga bisa memambahkan air perasan jeruk nipis ke dalam secangkir susu rendah lemak. Minuman ini sangat cocok dimuinum sebelum tidur. Rasa susu asam manis yang tercipta menyajikan sensasi tersendiri yang dapat meningkatkan kualitas tidur anda.


Itulah sedikit informasi mengenai diet dengan jeruk nipis yang dapat kami ulas kali ini untuk anda. Semoga bermanfaat, selamat mencoba.

Loading...