Resep Olahan Roti Gandum Untuk Diet


Loading...
Roti Gandum Untuk Diet ? Benarkah dapat membantu menurunkan berat badan? dan seperti apa saja resep olahan roti gandum sebagai menu diet sehat ? Jika anda memiliki pertanyaan yang sama, maka silahkan baca artikel ini sampai tuntas.

resep olahan roti gandum untuk diet

Roti Gandum Untuk Diet, Eketifkah Menurunkan Berat Badan ?


Makan roti dengan selai kacang atau membuatnya menjadi sandwich tentu saja sudah sering anda lakukan bukan? Jika anda penggemar roti, anda mungkin tidak asing lagi dengan yang namanya roti gandum. Secara umum ada dua jenis roti yang paling sering dikonsumsi yakni roti putih dan roti gandum.

Roti tawar putih adalah jenis roti yang dibuat dari tepung terigu dengan tekstur yang lembut dengan warna putih yang menjadi ciri khasnya. Sedangkan roti gandum merupakan roti yang dibuat dari gandum utuh dengan tekstur yang lebih kasar dan warna yang yang kecoklatan.

Roti gandum sendiri banyak direkomendasikan sebagai salah satu makanan untuk diet sehat karena memiliki nutrisi yang lebih bagus daripada roti putih. Roti gandum memiliki jumlah serat yang lebih banyak dibandingkan roti putih sehingga roti ini memiliki efek untuk mengenyangkan lebih lama.

Manfaat roti gandum untuk diet ini salah satunya karena jenis roti ini bebas akan kolesterol dan juga rendah lemak. Mengandung berbagai macam vitamin dan mineral, kaya akan zat besi, magnesium dan antioksida,

Selain memiliki khasiat untuk menurunkan berat badan, roti gandum juga sangat baik dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki riwayat diabetes karena kandungan gulanya sangat rendah. Mengandung fitokemikal menjadikan roti gandum juga dapat melawan resiko kanker.

Berikut beberapa informasi nilai gizi yang terkandung pada 100 gram roti gandum:

Kalori 259 kkal
Lemak 4,11 g
Karbohidrat 47,14 g
Serat 4,4 g
Gula 5,49 g
Protein 9,13 g
Sodium 530 mg
Kalium 204 mg
Zat Besi1 mg
Magnesium 23 mg
Mangan <1 miligram
Sodium 148 mg

Dari sebuah studi yang dipublikasikan oleh oleh laman kesehatan Web MD, Heather Bauer, RD author dari buku yang berjudul Bread is the Devil: Win the Weight Loss Battle by Taking Control of Your Diet Demons memiliki pandangan lain mengenai efek roti untuk diet.

Ia mengemukakan seorang yang ingin memanfatkan roti sebagai menu diet, maka pilihlah roti gandum jangan roti putih. Ini disebabkan karena roti putih yang terbuat dari tepung terigu seperti roti tawar, crackers hingga pretzels jika di santap saat lapar, saat stress dan lelah justru akan membuat nafsu makan makin melonjak dan ketagihan untuk terus mengonsumsi roti.

Berbeda halnya jika makan roti gandum. roti yang dibuat dari gandum utuh justri memiliki efek yang sebaliknya, mengenyangkan lebih lama tanpa harus khawatir ketagihan sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Pendapat ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menunjukkan jika seorang yang menjalani diet rendah kalori terutama mereka yang mengonsumsi roti gandum, jauh lebih cepat mengalami penurunan berat badan dibandingkan mereka yang mengonsumsi makanan olahan dari tepung terigu dan nasi. ( Terkait : Makanan diet pengganti nasi )

Resep Olahan Roti Gandum Untuk Diet


Nah jika anda tertarik menjadikan roti gandum sebagai menu diet anda sehari-hari, anda dapat mencoba beberapa resep roti gandum untuk diet berikut ini :

Baca juga : Resep Menu Diet Rendah Kalori 

1. Resep Sandwidh Roti Gandum Ayam Panggang

Resep Roti Gandum Untuk Diet

Bahan :

200 gr dada Ayam
2 slice roti gandum tawar
3 slice tomat
secukupnya Selada
1 sdt kecap asin
secukupnya Garam, lada, kaldu ayam
1 sdt oregano
1 sdt kecap inggris
2 sdt olive oil

Cara Membuat :

1. Potong kecil-kecil dada ayam yang telah disiapkan lalu baluri dengan kecap,lada, oregano,kecap inggris, garam lalu remas hingga campuran bumbunya meresap dengan sempurna.
2. Panaskan minyak zaitun dalam wajan lalu masukkan dada ayam tadi panggang hingga matang.

3. Siapkan roti gandum yang teah di panggang

4. Setelah itu susun roting panggang bersamal selda tomat dan dada ayam panggang. 

5. Roti sandwich ayam panggan siap di hindangkan.

2. Resep Roti Gandum Brokoli

Sandwich Roti Gandum Untuk Diet

Bahan :

10 potong sayur brokoli segar yang telah direbus
3 butir telur
Roti gandum panggang
Garam

Cara penyajian :

1. Kocok telur dan tambahkan sedikit garam, bawang putih dan bawang merah untuk menambah rasa
2. Lalu tambahkan brokoli
3. Panaskan wajan dengan minyak zaitun atau minyak kelapa murni lalu tuang adonan tadi ke dalam wajan
4. Tunggu hingga matang 
5. Angkat dan susun denngan roti gandum
6. Siap di hidangkan

3. Resep Roti Gandum Jamur kancing

Sarapan Roti Gandum Untuk Diet

Bahan :

4 lembar roti gandum
2 butir telur
2 buah tomat segar
beberapa lembar daun selada
1 cup jamur kancing segar
secukupnya mentega
secukupnya saos tiram
secukupnya saos pedas
secukupnya garam
secukupnya oregano

Cara membuat :

1. Goreng telur dengan mentega, mata sapi, bisa juga setengah matang.
2. Panaskan mentega, masukkan jamur kancing, masukkan saos tiram dan tambah sedikit garam. Goreng hingga kecoklatan.
3.Ambil roti gandum selembar, susun selada, tomat yang telah diiris bulat-bulat, lalu jamur kancing, taburi sedikit oregano, kemudian tambahkan telur mata sapi, lalu oleskan saos pedas, dan terakhir tutup dengan selembar roti gandum.
4. Sandwich roti gandum ini akan tambah nikmat jika disajikan bersama segelas jus jeruk segar untuk sarapan.

4. Resep Roti Gandum Ikan Tuna

Roti Gandum Untuk Diet

Bahan :

4 lembar Roti gandum
100 gr Ikan tuna yang sudah matang
5 slice Avocado
1 buah Telur mata sapi
2 sdm Yoghurt (pengganti yoghurt)
2 lembar Selada
1 slice Keju mozzarella

Cara Penyajian :

Susun roti dengan isinya sesuai selera. Tumpuk dan susun di loyang oven. Panggan sampai agak kecoklatan. Sajikan dengan chili sauce dan tomato sauce. (terkait : Resep Ikan Kukus untuk Diet)

Merk Roti Gandum Untuk Diet

Jika anda kehabisan roti gandum di rumah, dan berniat untuk membeli roti gandum di supermarket, maka beberapa merk roti gandum berikut layak anda coba :

Sari Roti Tawar Gandum 

Roti yang diproduksi dari brand asal Indonesia ini terbuat dari gandum alami. Tekstur roti ini nampak kasar, tetapi sangat lembut setelah digigit.

Mr Bread Roti Tawar Gandum 

Satu bungkus produk ini berisi 8 potong roti tawar gandum. Soal rasa, produk ini menawarkan rasa roti gandum yang gurih. Tekstur tawar gandum ini juga tidak terlalu keras.

Garmelia Roti Tawar Gandum 

Perusahaan roti lokal yang satu ini menawarkan produk roti tawar gandum yang sudah dipotong-potong menjadi 10 bagian, roti yang satu ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan

Tous Les Jours Whole Wheat Pan Bread 

Tous Les Jours Whole Wheat Pan Bread adalah roti tawar gandum yang dibuat dari bahan-bahan bermutu tinggi. Tekstur roti ini sangat lembut dan tidak seperti roti gandum pada umumnya. Yang paling penting, Tous Les Jours berani menjamin bahwa produknya selalu fresh setiap hari.

Fiber One 100% Whole Wheat 

Untuk menambah asupan serat harian Anda, jangan ragu untuk mengonsumsi Fiber One 100% Whole Wheat. Roti tawar gandum yang satu ini sangat kaya serat. Bahkan, setiap potong roti mengandung 25% serat dari nilai harian yang direkomendasikan. Tekstur roti ini sedikit creamy dan lembut. Namun, rasa manis yang ditawarkan Fiber One 100% Whole Wheat juga cukup pas di lidah.

Tips Diet Dengan Roti Gandum 


Khasiat roti gandum untuk diet akan semakin maksimal jika dilakukan dengan benar dan dimbangi dengan latihan olahraga secara rutin, berikut beberapa tips diet roti gandum :


1. Sebagai menu sarapan, konsumsilah 1-2 lebar gandum
2. Jangan hanya mengandalkan roti gandum saja, namun kombinasikan dengan makan sehat lainnya seperti salad buah dan sayuran
3. Saat makan siang, hindari mengkonsumsi nasi, anda bisa memilih singkong rebus, kentang rebus atau oatmeal . 
4. Minum air putih setidaknya 8 gelas ehari
5. Lakukan olahraga secara rutin minimal 15 menit/perhari
6. Lakukan secara berulang setiap harinya.

Semoga informasi mengenai roti gandum untuk diet ini dapat memberikan manfaat bagi anda, jika berkenan anda dapat membaca artikel kami lainnya yang berjudul Aturan Minum Jamu Kunyit Asam untuk Diet


Loading...