Efek Samping Diet DEBM Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Waspadai

Loading...

Efek Samping Diet DEBM  - Ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh orang-orang mengenai apa efek samping diet debm bagi kesehatan. Pertanyaan ini muncul karena alasan bahwa diet debm menganjurkan untuk banyak mengkonsumsi lemak. Ya seperti yang kita ketahui jika diet enak bahagia dan menyenangkan (Debm) banyak digandrungi masyarakat, karena pelaku diet ini justru mengonsumsi banyak lemak dan bukannya menghindarinya seperti kebanyakan program diet lainnya.

Dari berbagai sumber menyebutkan Diet Debm dilakukan dengan memastikan jika makanan yang dikonsumsi tidak mengandung karbohidrat rendah dan tapi mengandung protein dan lemak tinggi. Yang jadi permasalahan adalah, apakah konsumsi lemak dan protein yang tinggi aman bagi tubuh, serta apakah diet debm aman dilakukan untuk menurunkan berat badan?

Untuk menjawab pertanyaan ini, ada baiknya kita ketahui dulu bagaimana tanggapan ahli gizi soal diet debm ini.

Diet Debm Menurut Dokter

Diet Debm sendiri dapat dikategorikan termasuk salah satu tipe diet rendah karbohidrat karena diet debm menyarankan pelakuknya untuk memangkas karbohidrat dalam menu makanan harian dengan menggantinya mengonsumsi banyak protein dan lemak.

Tidak bisa dipungkiri jika dari berbagai studi klinis menunjukkan jika diet rendah karbohidrat memang dapat menurunkan berat badan secara maksimal. Namun tidak sedikit juga orang yang gagal menjalankan diet rendah karbohidrat ini karena kurangnya pemahaman tentang bagaimana cara menjalankan diet rendah karbo ini secara tepat. [ Terkait ;Penyebab Mengapa Diet Rendah Karbohidrat Tidak Berhasil ]

Bahkan dalam berbagai kasus, diet rendah karbohidrat juga dapat memberikan banyak dampak negatif bagi kesehatan. Menurut Dr. James Hill, diet rendah karbo dalam jangka panjang bisa merusak ginjal. Hal ini disebabkan karena tingginya protein yang masuk kedalam tubuh memaksa ginjal untuk bekerja lebih Ekstra.

Diet debm sebagai salah satu jenis diet rendah karbohidrat tentu saja memiliki potensi yang cukup tinggi memberikan dampak negatif bagi tubuh. Beberepa efek samping diet debm bagi kesehatan akan kami uraikan secara mendetail dalam penjelasan berikut ini :

Efek Samping Diet DEBM Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Waspadai

Efek Samping Diet Debm Bagi Kesehatan

Selain dapat merusak ginjal, beberapa dampak negatif diet debm adalah :

Berdampak Buruk Terhadap Pencernaan 


Diet debm yang menganjurkan pelakunya untuk mengonsumsi banyak lemak tentu saja memiliki potensi untuk meningkatkan resiko terkena masalah kesehatan pada sistem pencernaan.

Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi akan membuat sistem perncernaan memiliki tekanan yang lebih besar. 

Lemak adalah jenis nutrisi yang paling lambat diproses dan dicerna dalam perut sehingga membutuhkan enzim khusus yang untuk memecahnya. Panjangnya proses cerna untuk memecah lemak dalam saluran pencernaan ini akan membuat kita rentan dengan masalah sakit perut dan diare.

Selain tingginya resiko sakit perut, tingginya konsumsi makanan yang kaya akan lemak akan menggangu keseimbangan mikrobioma (bakteri usus baik yang berfungsi menjaga sistem kekebalan tubuh). Saat keseimbangan bakteri usus ini maka dampak buruknya adalah menurunkan sistem kekebalan tubuh yang pada akhirnya kita akan rentan terkena berbagai macam penyakit.

Kolesterol Meningkat


Efek samping diet debm yang bisa ditimbulkan adalah meningkatkan kadar kolesterol. Hal ini sangat mungkin terjadi karena konsumsi makanan dengan lemak tinggi adalah salah satu penyebabnya.

Meningkatnya kadar kolesterol jahat dalam darah tentu saja akan menjadi masalah besar karena akan meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke.

Osteoporosis 


Cara diet debm dengan banyak makanan protein berlebihan juga akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Konsumsi protein yang tinggi akan meningkatkan zat asam dalm tubuh yang pada gilirannya akan membuat kalsium keluar dari tulang melalui zat urin yang akhirnya akan meningkatkan pengeroposan tulang dan osteoporosis. [ Baca juga : Panduan Diet Sehat Untuk Wanita Menopause ]

Masalah Persendian


Saat menjalankan diet debm dimana konsumsi lemak menjadi lebih banyak di bandingkan karbohidrat maka jangan heran jika anda kemungkinan akan sering mengalamai nyeri sendi. Hal ini disebabkan karena konsumsi lemak yang tinggi mengakibatkan aliran darah kurang lancar sehingga masalah pada persendian akan lebih sering terjadi.

Sering Sakit Kepala


Kurangnya asupan karbohidrat saat menjalan diet debm juga akan meningkatkan resiko lebih sering sakit kepala karena tubuh tidak banyak mendapatkan suplai energi yang cukup. 

Selain itu mengurangi asupan karbohidrat juga akan menguras cairan dalam tubuh. Air yang ada didalam tubuh mengikuti karbohidrat yang artinya saat kita mengurangi makan karbohidrat maka cairan akan berkurang bersama elektrolit yang pada akhirnya akan menimbulkan sakit kepala.

Anda mungkin sering mengalami sakit kepala saat kurang minum air bukan ? [ Terkait : Cara mengatasi sakit kepala saat diet ]

Berat Badan Mudah Kembali Naik


Diet debm mungkin saja menjanjikan untuk anda coba karena dapat menurukan berat badan secara cepat. Tapi saat anda berhenti melakukannya maka potensi berat badan untuk kembali naik jauh lebh besar. [ Baca juga : 17 Cara Menjaga Berat Badan Pasca Diet ]

Daya Ingat Menurun 


Efek samping dari diet debm selanjutnya adalah dapat menurunkan fungsi kognitif sehingga rentan dngan resiko menurunkan daya ingat. Tingginya konsumsi lemak akan membuat senyawa kimia dalam otak menjadi tidak seimbang sehingga membuat kita menjadi pelupa dan mood menjadi naik turun.

Sembelit


Makanan yang mengandung lemak tinggi membutuhkan waktu yang cukup lama untuk diproses sehingga terkadang lambung tidak menjadi kosong sepenuhnya. Salah jenis penyakit yang sering timbul adalah sembelit. 

Mudah Lelah dan Malas


Otot-otot pada tubuh manusia memerlukan asupan makanan berupa glikogen yang berfungsi untuk mengoptimalkan dan memperkuat fungsi otot. Jika seseorang kekurangan karbohidrat sebagai penghasil glikogen, makan otot-ototnya tidak akan bisa bekerja optimal karena tidak tersedianya energi, sehingga akan menimbulkan tubuh terasa lemas dan malas untuk melakukan kegiatan apapun. [ Baca juga : Konsumsi Lemak Harian Yang Baik Untuk Diet ]

Meningkatkan Resiko Kanker


Pola makan yang buruk seperti terlalu banyak mengkonsumsi lemak dan tidak mengkonsumsi makanan kaya serat dengan baik akan memicu tumbuhnya sel kanker di berbagai organ tubuh. Beberapa jenis kanker yang paling sering terjadi adalah kanker usus besar, kandung empedu, ginjal dan berbagai kanker yang menyerang organ reproduski.

Kеruѕаkаn Otаk 

Kоnѕumѕі berbagai jenis makanan уаng mеngаndung lеmаk jugа bіѕа mеnуеbаbkаn kеruѕаkаn оtаk kаrеnа, kandungan lеmаk jenuh bіѕа mеruѕаk bаgіаn hipotalamus. Hіроtаlаmuѕ аdаlаh salah ѕаtu bagian dі dalam оtаk yang berfungsi untuk mеngаtur keseimbangan еnеrgі. Pеrubаhаn pengaruh lеmаk kepada рrоtеіn dаn gеn ѕаngаt еrаt hubungannya dеngаn kоnѕumѕі lеmаk berlebihan. 

Solusi Diet Debm Yang Lebih Sehat dan Aman

Setelah mengetahui beberapa efek samping diet debm bagi kesehatan maka ada beberapa solusi yang kami tawarkan bagaimana cara menjalan diet debm yang lebih sehat dan aman bagi tubuh yaitu dengan tidak meninggalkan karbohidrat tapi mengganti asupannya dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks. 

Berbeda dengan karbohidrat biasanya, karbohidrat kompleks tidak menaikkan gula darah dengan cepat. Beberapa jenis karbohidrat kompleks yang baik untuk dikonsumsi adalah, Oat, kentang, kedelai hitam,kacang polong dan beras merah.

Dengan memasukkan karbohidrat komplek ke dalam menu diet anda, maka akan mengurangi efek sampaing diet debm bagi kesehatan, sehingga anda dapat menurunkan berat badan secara sehat dan aman.

Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Post a Comment