Manfaat Daun Kemuning Untuk Pelangsing Tubuh dan Jerawat

Loading...

Apa manfaat daun kemuning untuk pelangsing dan atasi wajah berjerawat ?


Ada begitu banyak daun-daunan yang kerap dijadikan sebagai ramuan herbal untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Salah satunya adalah daun kemuning.

Daun kemuning umumnya banyak digunakan sebagai bahan dasar untuk pembuataan masker wajah, dan juga digunakan sebagai lulur untuk mencerahkan kulit, namun tahukah anda jika ternyata daun kemuning yang memiliki ciri-ciri yang hampir mirip dengan daun jeruk ini, juga dapat dimanfaatkan sebagai ramuan herbal pelangsing alami cepat dan aman untuk membantu program penurunan berat badan.

Lantas seperti apa manfaat daun kemuning untuk diet  dan atasi jerawat ini, dan bagaimana cara menggunakannya? Dibawah ini akan kami paparkan secara lebih detail khusus untuk anda.

Manfaat Daun Kemuning Untuk Pelangsing

Khasiat daun kemuning sebagai pelangsing dalam program diet


Kemuning merupakan salah satu tanaman tropis yang berasal dari Australia Utara dan Indomalaya. Pohon kemuning kerap dijadikan tanaman hias karena memiliki keunikan tersendiri dari pohonnya yang tampak kecil, memiliki bunga berwarna putih dengan buah yang hampir sama dengan jeruk nipis.

Namun jangan salah, kemuning bukan hanya cocok sebagai tanaman hias karena ternyata memiliki manfaat lain untuk mengatasi masalah kesehatan, salah satunya adalah obesitas atau kegemukan.

Salah satu bagian dari pohon kemuning yang banyak dimanfaatkan sebagai ramuan herbal adalah daunnya. Salah satunya cara mengolah daun kemuning untuk diet adalah dengan mengolahnya menjadi minuman diet sehat.

Ekstrak daun kemuning mengandung etanol yang sebagai antidiarrhoeal, antinociceptive dan anti-inflamasi.

Kandungan lain dari ektrak daun kemuning adalah  methyl anthranilat, peniculatin, ourmurayyin, geraniol, osthol, bisabolene, dan cedinene, dan memiliki sifat penenang, antirematik, penghilang bengkak, pelancar peredaran darah dan antitiroida.

Dalam sebuah penelitian UNAIR yang melakukan uji coba terhadap penggunaan ekstrak daun kemuning ada tikus putih yang obesitas menyimpulkan jika pemberian infused water (berbahan dasar daun kemuning) dengan 10%, 20%, 30%, 40% dalam jumlah 0,5 ml dapat menurunkan berat badan mencit secara efektif.

Dari hasil penelitian itu juga membuktikan jika daun kemuning kandungan alami yang dapat menghancurkan lemak di dalam tubuh. Selain itu juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran lemak akan semakin cepat dan efisien.


Cara Menggunakan Daun Kemuning Untuk Diet 


Memanfaatkan daun kemuning untuk diet cukup sederhana, anda sisa mengolahnya menjadi ramuan pelangsing badan yang dapat dikonsumsi sehari-hari saat menjalankan program diet, caranya sebagai berikut :

Siapkan

1 gelas daun kemuning dan 1 gelas daun mengkudu
1/2 jari temugirang
dan 1 gelas air putih

Langkah pembuatan :

1. Bahan yang sudah disiapkan kemudian dihaluskan diatas sebuah wadah
2. Setelah itu tuakan air putih, lalu aduk sampai semunya tercampur secara merata
3. Setelah bahan tercampur secara sempurna, peras campuran tadi lalu tampung air perasaannya dalams sebuah wadah lain yang masih bersih.
4. Ramuan daun kemuning siap untuk diminum.

Konsumsi 1/4 gelas sekali sehari, selama 7 hari.

Selain dapat dikonsumsi sebagai minuman, ramuan herbal ini juga dapat digunakan sebagai masker wajah yang dapat membantu mengatasi wajah berjerawat, melembutkan wajah yang kasar dan kusam.

Hampir tidak ada efek samping mengonsumsi ramuan herbal jika di minum dengan dosis atau takaran yang tepat. 

Manfaat lain daun kemuning adalah sebagai pertolongan pertama dari gigitan ular, menyembuhkan eksim dan gatal-gatal, melancarkan haid dan mengatasi rematik.

Dengan menjalani pola hidup yang sehat, da melalukan banyak aktifitas sehari-hari dapat membantu pembakaran lemak, jadi akan sangat penting untuk rutin melakukan olahraga. Manfaat daun kemuning untuk pelangsing, tidak hanya diperuntukkan untuk wanita, tapi juga dapat digunakan oleh para pria yang memiliki masalah berat badan.

Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email: